Efektivitas Ekstrakurikuler Keputrian dalam Meningkatkan Pemahaman Fikih Wanita Pada Siswi SMA Negeri 9 Medan

Napitupulu, Tiara Angraini (2024) Efektivitas Ekstrakurikuler Keputrian dalam Meningkatkan Pemahaman Fikih Wanita Pada Siswi SMA Negeri 9 Medan. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.

[img] Text
Cover_skripsi_Tiara_Angraini-dikompresi.pdf

Download (407kB)
[img] Text
Baru_sangat_Skripsi_BAB_1-halaman.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Baru_sangat_Skripsi_BAB_2-halaman.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Baru_sangat_Skripsi_BAB_3-halaman.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Baru_sangat_Skripsi_BAB_4_halaman.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI_BAB_5-halaman.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar_Pustaka_Lampiran_compressed.pdf

Download (979kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui keefektifan kegiatan ekstrakurikuler keputrian di sekolah SMA Negeri 9 Medan dalam meningkatkan pemahaman fikih wanita pada siswi di sekolah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi ekstrakurikuler keputrian dalam meningkatkan pemahaman fikih wanita pada siswi di sekolah SMA Negeri 9 Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang diterapkan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan analisis secara bertahap selama penelitian berlangsung. Teknik pengecekan keabsahan data yang diterapkan yaitu triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan ekstrakurikuler keputrian dalam meningkatkan pemahaman fikih wanita meliputi: menetapkan tujuan, merencanakan materi yaitu haid, istihadah, nifas, aurat wanita, busana muslimah, menentukan strategi dan metode yaitu strategi ekspositori, metode ceramah dan tanya jawab serta evaluasi pembelajaran. (2) Ekstrakurikuler keputrian dilaksanakan pada hari Jumat pukul 11.30 WIB berbentuk kajian fikih yang dipimpin oleh mentor dengan menggunakan tiga tahapan kegiatan pembelajaran yaitu tahap pembuka, inti dan penutup (3) Evaluasi yang digunakan yaitu evaluasi tes uraian, penugasan dan tes lisan.

Jenis Item: Skripsi (Diploma)
Subjects: 2X4 FIQH
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 24 Jan 2025 04:07
Last Modified: 24 Jan 2025 04:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23985

Actions (login required)

View Item View Item