Manajemen Kelembagaan Pendidikan Tinggi Berbasis Religius Dalam Menghadapi Era Society 5.0 di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum Langkat

Nasution, Khairani (2024) Manajemen Kelembagaan Pendidikan Tinggi Berbasis Religius Dalam Menghadapi Era Society 5.0 di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Al Maksum Langkat. Doctoral thesis, UIN Sumatera Utara.

[img] Text
2__COVER_DISERTASI.pdf

Download (618kB)
[img] Text
3__BAB_I_PENDAHULUAN.pdf

Download (259kB)
[img] Text
4__Bab_II_LANDASAN_TEORI.pdf

Download (587kB)
[img] Text
5__Bab_III_METODOLOGI_PENELITIAN.pdf

Download (334kB)
[img] Text
6__BAB_IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7__BAB_V.pdf

Download (112kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini untuk mendeskripsikan Konsep, Implementasi dan Implikasi Manajemen Kelembagaan Pendidikan Tinggi Berbasis Religius dalam Menghadapi Era Society 5.0 di STKIP Al Maksum Langkat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan telaah dokumen. Peneliti melakukan analisis data dengan mengumpulkan, kondensasi, penyajian dan menyimpulkan data. Hasil Penelitian: 1) Konsep manajemen kelembagaan di STKIP Al Maksum Langkat dengan melaksanakan tri dharma perguruan tinggi berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa sesuai visi yang telah ditetapkan melalui kegiatan perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penempatan personal (staffing), pengarahan (leading) dan pengawasan (controlling). 2) Implementasi manajemen berbasis religius di era society 5.0 dilakukan dengan pengembangan kurikulum dengan menambah pengetahuan keagamaan selain PAI yaitu mata kuliah Nilai-Nilai Agama dan Sejarah Peradaban Islam dan Kebudayaan, mata kuliah Kepramukaan I-IV, mata kuliah Pendidikan SBDP dan Budaya Melayu. 3). Dampak manajemen yang dilakukan: a) Sikap, pengetahuan dan keterampilan mahasiswa yang religius; menggunakan busana muslim dan bagi yang non muslim diwajibkan menggunakan pakaian yang sopan, bertutur kata dengan baik, peduli sosial dan lingkungan. b) Hasil Kepuasan Stakeholder Pengguna Lulusan (KSPL) terhadap etika, keahlian, kemampuan penggunaan teknologi, kemampuan berkomunikasi, kerjasama dan pengembangan diri lulusan menunjukkan kategori baik dengan rata-rata hasil 83,23 %. c) Meningkatnya kepercayaan Kementerian Kemendikbud kepada STKIP Al Maksum dapat dilihat dari perolehan harapan II pemenang dana hibah terbanyak dari 240 kampus yang ada di seluruh Sumatera Utara; d) Meningkatkan citra dan kepercayaan masyarakat dan pengguna lulusan terhadap STKIP Al Maksum.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 23 Jan 2025 04:42
Last Modified: 23 Jan 2025 04:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23837

Actions (login required)

View Item View Item