Dwi Ningsih, Arie (2024) Strategi Kepala Sekolah Dasar Islam Terpadu Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan (Studi Kualitatif Sekolah Penggerak Kabupaten Deli Serdang). Skripsi thesis, UIN Surmatra Utara Medan.
Text
CAVER_DKK_OK (4).pdf Download (547kB) |
|
Text
BAB_I (14).pdf Download (557kB) |
|
Text
BAB_II (12).pdf Download (645kB) |
|
Text
BAB_III (14).pdf Download (699kB) |
|
Text
BAB_IV (14).pdf Download (817kB) |
|
Text
BAB_V (12).pdf Download (455kB) |
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA_ok.pdf Download (1MB) |
Abstract
Strategi kepala sekolah secara efektif dan efisien sangat dibutuhkan dalam meningkatkan mutu pendidikan sebuah lembaga sekolah. Strategi yang dilakukan kepala sekolah tidak lepas dari kebijakan pemerintah yang berlaku. Kebijakan pemerintah dimaksudkan untuk memperbaiki mutu pendidikan di satuan layanan pendidikan, termasuk kurikulum merdeka sebagai kebijakan pemerintah yang harus dilaksanakan melalui program sekolah penggerak yang diluncurkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada 1 Februari 2021. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analisis kualitatif dengan melibatkan beberapa situs, tempat, dan subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, mendalam , dokumentasi dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan sebagai sekolah penggerak secara menyeluruh memiliki persamaan, mulai dari mengelola kebijakan setelah mendapat izin yayasan, koordinasi dengan dinas pemerintahan, kolaborasi dengan stakeholder dan komite sekolah hingga manajemen pendidik untuk menjalankan tugas sesuai tupoksinya (2) langkah - langkah yang dilakukan kepala sekolah dalam mengimplementasikan program sekolah penggerak guna meningkatkan mutu pendidikan adalah ; menyusun ulang kurikulum operasional satuan pendidikan dengan acuan kurikulum merdeka, melaksanakan kegiatan peningkatan kompetensi guru, menyusun modul ajar dan kegiatan P5 dengan tema sesuai pengembangan karakter siswa, menyusun program pembelajaran, melaksanakan kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila, melibatkan komite sekolah dan stakeholder serta berkordinasi dengan pemerintah, memanfaatkan teknologi digital, melaksanakan pengimbasan ke sekolah - sekolah , (3) Faktor – faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan program sekolah adalah 1) Faktor pendukung ; kualifikasi pendidikan kepala sekolah, kemampuan manajerial kepala sekolah, komitmen yang kuat, dukungan dan izin yayasan, sarana dan prasarana yang baik, dan motivasi yang baik. 2) Faktor penghambat adalah ; mindset pendidik dan tenaga kependidikan tidak mau berubah , waktu yang singkat dalam penyusunan ulang visi, misi dan tujuan pendidikan dan penyusunan modul ajar, beban kerja bertambah, kualifikasi pendidikan yang belum sarjana, dana sebagai pendukung program Kata kunci : strategi kepala sekolah, program sekolah penggerak, mutu pendidikan
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion > 201 Philosophy of Christianity |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:47 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 07:47 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23706 |
Actions (login required)
View Item |