Pengembangan LKPD Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar Materi Perubahan Wujud Benda.

Octaviani, Rani (2024) Pengembangan LKPD Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar Materi Perubahan Wujud Benda. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
cover_rani_compressed_(1)_(1)_compressed.pdf

Download (444kB)
[img] Text
bab1 (1).pdf

Download (596kB)
[img] Text
bab2_(1)_compressed_(1).pdf

Download (374kB)
[img] Text
bab3.pdf

Download (634kB)
[img] Text
bab4_compressed.pdf

Download (388kB)
[img] Text
bab5 (1).pdf

Download (346kB)
[img] Text
daftar_pustaka_-lampiran_compressed_(1)_compressed_(1)-dikompresi_(1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Berpikir kritis sangat penting bagi setiap individu dalam menghadapi berbagai persoalanpersoalan yang ada didalam kehidupan sehari-hari guna menyelesaikan masalahnya sendiri. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, angket, dan tes, tes disini meliputi tes awal (pre-test) dan tes akhir (post test). Tingkat kevalidan LKPD berbasis STEM pada materi perubahan wujud benda ini dikatakan sangat valid, sesuai dengan hasil dari penilaian tiga orang ahli yaitu ahli materi yaitu sebesar 84% (sangat valid), ahli media yaitu sebesar 87,5% (sangat valid), dan guru kelas di MIN 7 Medan sebesar 86,3% (sangat valid). Tingkat kepraktisan LKPD berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi perubahan wujud benda ini dikategorikan praktis, sesuai dengan hasil uji coba skala kecil memiliki presentase 89,2% dengan kategori sangat praktis, dan uji coba skala besar dengan presentase 91,0% dengan kategori sangat praktis. Tingkat keefektifan LKPD berbasis STEM pada materi perubahan wujud benda dengan penilaian skala N-Gain score dikategorikan tinggi yaitu 0,73 dan terkategori tinggi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik dengan perolehan nilai post test 83,6%. Dari semua hasil diatas dapat disimpulkan bahwa LKPD Berbasis STEM dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis disekolah dasar, dan layak digunakan didalam lingkungan sekolah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 22 Jan 2025 03:46
Last Modified: 22 Jan 2025 03:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23643

Actions (login required)

View Item View Item