Pengembangan Media Pembelajaran QR-Video pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di Kelas X SMA Negeri 14 Medan

Mayona Mn, Ayuly (2024) Pengembangan Media Pembelajaran QR-Video pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di Kelas X SMA Negeri 14 Medan. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER (4).pdf

Download (920kB)
[img] Text
2__BAB_I (4).pdf

Download (1MB)
[img] Text
3__BAB_II_compressed.pdf

Download (725kB)
[img] Text
4__BAB_III (4).pdf

Download (1MB)
[img] Text
5__BAB_IV_compressed.pdf

Download (887kB)
[img] Text
6__BAB_V (4).pdf

Download (324kB)
[img] Text
7__DAFTAR_PUSTAKA_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses pembuatan video pembelajaran berdasarkan model 4D, melihat tingkat kevalidan, dan keefektifan dari media pembelajaran berbasis video pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini menggunakan model pengembengan 4-D dengan 4 tahapan, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan dessiminate (penyebaran). Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik di kelas X MIPA-2 SMA Negeri 14Medan yang berjumlah sebanyak 25orang. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket untuk melihat kevalidan oleh dosen ahli media dan ahli materi dan tes hasil belajar peserta didik untuk melihat keefektifan dari media yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kevalidan dari media pembelajaran berdasarkan ahli media sebesar 96,6% dengan kategori sangat layak dan ahli materi sebesar 100% dengan kategori sangat layak sehingga media pembelajaran dikatakan valid. Sedangkan untuk tingkat keefektifan berdasarkan presentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 84% dengan hasil indeks Gain Ternormalisasi 0.30 < g < 0.70 tergolong sedang, dan tafsiran efektivitas NGain sebesar 67 % tergolong cukup efektif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 22 Jan 2025 02:28
Last Modified: 22 Jan 2025 02:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23615

Actions (login required)

View Item View Item