Manajemen Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik

Isnawan, Khoirun (2024) Manajemen Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_SKRIPSI (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I_SKRIPSI (1).pdf

Download (516kB)
[img] Text
BAB_II_SKRIPSI (1).pdf

Download (663kB)
[img] Text
BAB_III_SKRIPSI (1).pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB_IV_SKRIPSI (1).pdf

Download (836kB)
[img] Text
BAB_V_SKRIPSI (1).pdf

Download (581kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana sistem manajemen perpustakaan di MTs Negeri 2 Medan, 2) Bagaimana minat baca Yang dimiliki oleh para peserta didik di MTs Negeri 2 Medan, 3) Apa saja hambatan dan kendala pihak manajemen perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik di MTs Negeri 2 Medan Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Kualitatif dengan pendekatan Studi kasus. Informasi dalam penelitian ini adalah Kepala Perpustakaan dan staff perpustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data dari Miles & Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan., sedangkan keabsahan penjamin keabsahan data dilakukan dengan memfokuskan kepercayaan, keteralihan, ketergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) fungsi manajemen yang diterapkan pada perpustakaan sudah cukup baik, namun kedepannya akan terus diperbaharui dan dikembangkan, 2) Minat baca peserta didik di MTs Negeri 2 Medan cukup tinggi, mereka mampu mencari hal-hal baru hanya dengan membaca buku di perpustakaan sekolah, 3) Hambatan yang dihadapi pihak perpustakaan tidak terlalu sulit, namun tidak boleh dibiarkan. Piihak perpustakaan akan selalu memperbaharui sistem pengelolaan perpustakaan supaya para peserta didik tidak bosan ke perpustakaan untuk belajar dan mencari hal-hal baru. Rendahnya minat baca peserta didik dikarenakan kemajuan teknologi dan penyalahgunaan teknologi tersebut. hal ini dikarenakan minimnya pengawasan dari orang tua terhadap anaknya yang menyebabkan anaknya selalu bermain dengan alat elektronik dan meninggalkan kegiatan-kegiatan positif seperti membaca buku.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 20 Jan 2025 04:08
Last Modified: 20 Jan 2025 04:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23431

Actions (login required)

View Item View Item