Pratiwi, Reni Ayu (2024) Strategi Perpustakaan Dalam Meningkatkan Aksesibilitas Layanan Kepada Anak Tunanetra Di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri (SDLBN) 117709 Kampung Baru Labuhan Batu. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.
Text
cover (6).pdf Download (661kB) |
|
Text
BAB-1.pdf Download (475kB) |
|
Text
BAB-2.pdf Download (635kB) |
|
Text
BAB-3.pdf Download (490kB) |
|
Text
BAB-4.pdf Download (547kB) |
|
Text
BAB-5-1.pdf Download (311kB) |
|
Text
Daftar_Pustaka-1.pdf Download (992kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji taktik perpustakaan yang digunakan di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri (SDLBN) 117709 Kampung Baru Labuhan Batu untuk meningkatkan aksesibilitas layanan bagi siswa tunanetra. Penelitian ini merumuskan permasalahan sebagai berikut: bagaimana aksesibilitas layanan bagi anak tunanetra, bagaimana perpustakaan dapat meningkatkan aksesibilitas bagi mereka, dan tantangan apa yang dihadapi Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri (SDLBN) 117709 Kampung Baru Labuhan Batu dalam menyediakan layanan tersebut. Studi ini mencoba untuk memastikan taktik yang digunakan perpustakaan untuk meningkatkan aksesibilitas layanan mereka kepada anak-anak tunanetra, serta aksesibilitas layanan tersebut dan tantangan yang mereka hadapi. Jenis penelitian ini menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan diperiksa dan dijelaskan secara memadai sesuai dengan lokasi penelitian. Purposive sampling digunakan sebagai metode pengumpulan informasi, dan kepala sekolah, pengelola perpustakaan, dan guru jurusan tunanetra menjadi partisipannya. Cara pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, baik secara umum maupun mendalam, serta mendokumentasikan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi perpustakaan dalam meningkatkan aksesibilitas layanan kepada anak tunanetra Di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri (SDLBN) 117709 Kampung Baru Labuhan Batu dengan melakukan orientasi mobilitas yang akan disampaikan kepada siswa baru, memberikan informasi kepada guru disetiap jurusan ketunaan yang nantinya akan disampaikan oleh siswa-siswa dan memanfaatkan alat peraga yang tersedia untuk memberikan pengetahuan kepada siswa tunanetra. Sedangkan kendala yang dihadapi yaitu perilaku vandalisme, minimnya sarana dan prasarana seperti computer dan program yang dibutuhkan untuk anak tunanetra, kurangnya alat peraga untuk anak tunanetra dan juga buku braille yang disediakan di perpustakaan masih menggunakan kurikulum lama yaitu KTSP bukan kurikulum baru yaitu K13 dan pustakawan yang kurang professional.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Generalities > 020 Library and information sciences |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Perpustakaan > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 04:33 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 04:33 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23303 |
Actions (login required)
View Item |