Pengaruh Ethical Leadership, Teacher Capacity Building, Dan School Culture Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Batubara

Sukoco, Sugeng (2024) Pengaruh Ethical Leadership, Teacher Capacity Building, Dan School Culture Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Batubara. Doctoral thesis, UIN Surmatra Utara Medan.

[img] Text
2__CAVER_DKK_MOANTAP_OK.pdf

Download (716kB)
[img] Text
3__BAB_1.pdf

Download (789kB)
[img] Text
4__BAB_2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5__BAB_3.pdf

Download (733kB)
[img] Text
6__BAB_4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7__BAB_5.pdf

Download (621kB)
[img] Text
8__DAFTAR_BACAAN_DAN_LAMPIRAN_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh permasalahan terkait kinerja guru yang dilihat dari perspektif pengaruh ethical leadership, teacher capacity building, dan school culture. Tujuan penelitian mendeskripsikan: dan school culture terhadap kinerja guru. (1) ethical leadership berpengaruh secara signifikan terhadap school culture, (2) teacher capacity building berpengaruh secara signifikan terhadap school culture (3) ethical leadership berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru, (4) teacher capacity building berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru, (5) school culture berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru, (6) ethical leadership berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru melalui school culture (7) teacher capacity building berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru melalui school culture dan (8) pengaruh simultan ethical leadership, teacher capacity building terhadap kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitiaf dengan menggunakan pendekatan expostfacto. Populasi penelitian berjumlah 757 guru madrasah tsanawiyah se-Kabupaten Batubara dengan sampel terpilih sebanyak 238 yang tersebar di 53 madrasah. Instrumen pengumpulan data adalah kuesioner yang dirancang dengan skala Likert. Hipotesis penelitian diuji dengan teknik analisis data analis jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ethical leadership berpengaruh secara signifikan terhadap school culture sebesar 45,00%, (2) teacher capacity building berpengaruh secara signifikan terhadap school culture sebesar 66,90%, (3) ethical leadership berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru sebesar 33,00%, (4) teacher capacity building berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru sebesar 59,80%, (5) school culture berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru sebesar 37,50%, (6) ethical leadership berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru melalui school culture sebesar 61,40%, (7) teacher capacity building berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru melalui school culture sebesar 65,60%, dan (8) ethical leadership, teacher capacity building, school culture secara simultan berpengaruh terhadap kinerja guru. Kata Kunci: ethical leadership, teacher capacity building, school culture, kinerja

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Subjects: 2X0 ISLAM (UMUM) > 2X0.02 Islam dan Ilmu Pengetahuan
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 14 Jan 2025 06:59
Last Modified: 14 Jan 2025 06:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23196

Actions (login required)

View Item View Item