Analisis Penilaian Pelayanan Puskesmas Terhadap Pemberian Vaksin Covid-19 Dengan Metode K-Means Clustering

Damanik, Masliana (2024) Analisis Penilaian Pelayanan Puskesmas Terhadap Pemberian Vaksin Covid-19 Dengan Metode K-Means Clustering. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover_Skripsi-_Masliana_Damanik-0701171021_021949.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I_Skripsi-_Masliana_Damanik-0701171021_021437.pdf

Download (625kB)
[img] Text
BAB_II_Skripsi-_Masliana_Damanik-0701171021_021341.pdf

Download (974kB)
[img] Text
BAB_III_Skripsi-_Masliana_Damanik-0701171021_021410.pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB_IV_Skripsi-_Masliana_Damanik-0701171021_021418.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V_Skripsi-_Masliana_Damanik-0701171021_021433.pdf

Download (346kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka_Lampiran_Skripsi-_Masliana_Damanik-0701171021_022113.pdf

Download (1MB)

Abstract

Puskesmas mempunyai tugas melaksanakan kebijakan kesehatan untuk mencapai tujuan pembangunan kesehatan di wilayah kerjanya dalam rangka mendukung terwujudnya kecamatan sehat. Peningkatan pelayanan pemberian vaksin covid-19 oleh puskesmas, puskesmas Negeri Lama merupakan salah satu puskesmas yang berada di kabupaten Labuhanbatu kecamatan Bilah Hilir. Puskesmas ini memiliki wilayah kerja 8 desa di wilayah kecamatan Bilah Hilir, dengan jumlah penduduk pada tahun 2021 sebanyak 36.370 jiwa. Kualitas pelayanan yang diberikan oleh sarana pelayanan kesehatan akan menimbulkan persepsi pasien terhadap pelayanan yang diberikan kepadanya. Dalam penelitian ini melakukan pengelompokan penilaian pelayanan puskesmas terhadap pelayanan pemberian vaksinasi covid-19 yang akan dikelompokkan menjadi : Pelayanan Sangat Baik, Pelayanan Baik, dan Pelayanan Kurang Baik dengan menggunakan metode KMeans clustering. Metode K-Means Clustering ini dapat mencari partisi yang maksimal dengan prosedur iterasi yang optimal dalam mengelompokkan data secara tepat, dan memiliki ketelitian yang akurat terhadap ukuran objek, sehingga lebih terukur dan efesien dalam pengolahan data yang besar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu kelompok pelayanan Sangat Baik terdiri dari 6 variabel dengan total centroid 0,516898, kelompok pelayanan Baik terdiri dari 2 variabel dengan total centroid 0,458333, dan kelompok pelayanan Kurang Baik terdiri dari 2 variabel dengan total centroid 0,39375.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 000 Generalities > 004 Data processing Computer science
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Ilmu Komputer > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 14 Jan 2025 03:49
Last Modified: 14 Jan 2025 05:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23165

Actions (login required)

View Item View Item