Kepemimpinan Syaikh H. Bahruddin Thalib Lubis Dalam Bidang Pendidikan Di Sumatera Utara

SIMATUPANG, WANDANA (2024) Kepemimpinan Syaikh H. Bahruddin Thalib Lubis Dalam Bidang Pendidikan Di Sumatera Utara. Skripsi thesis, UIN Surmatra Utara Medan.

[img] Text
CAVER_DKK_OK (1).pdf

Download (545kB)
[img] Text
BAB_I_OK (1).pdf

Download (751kB)
[img] Text
BAB_II_OK (1).pdf

Download (989kB)
[img] Text
BAB_III_OK (1).pdf

Download (710kB)
[img] Text
BAB_IV_OK (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V_OK (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN_OK (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengurai secara konprehenshif (1) Penerapan Kepemimpinan Syaikh H. Bahruddin Thalib Lubis di Bidang Pendidikan (2) Pengaruh dan Reputasi Kepemimpinan Syaikh H. Bahruddin Thalib Lubis di Bidang Pendidikan (3) Dukungan Masyarakat Terhadap Kepemimpinan Syaikh H. Bahruddin Thalib Lubis di Bidang Pendidikan (4) dan Kekuatan dan Kelamahan Kepemimpinan Syaikh H. Bahruddin Thalib di Bidang Pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan semantik yang berarti kajian bahasa terdiri dari struktur untuk menampakkan makna, saat makna dihubungkan dengan objek pada pengalaman manusia. Sementara itu pendekatan kualitatif dengan menekankan teknik deskriptif analisis pada proses komparasi kualitatif pustaka, terhadap dinamika hubungan fenomena yang diamati dengan menggunakan logika ilmiah berdasarkan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Maka penelitian ini menorehkan hasil; 1) Penerapan Kepemimpinan Syaikh H. Bahruddin Thalib Lubis di Bidang Pendidikan; a) Syaikh berketurunan keluarga terpandang dan terhormat dengan nuansa keilmuan agama Islam yang kokoh dengan meneladani ulama pendahulunya, serta dicintai masyarakat di kagumi ulama sezamannya, b) Syaikh berepemimpinan visionaris, ditandai dengan sistem pendidikan yang diterapkan melampaui zamannya. 2) Pengaruh dan Reputasi Kepemimpinan Syaikh H. Bahruddin Thalib Lubis di Bidang Pendidikan; a) Syaikh, berkaliber keilmuan yang sangat luas dan malaupuai keilmuan dari rata-rata orang sezamannya, b) Syaikh berkarakter tegas, konsisten serta disiplin. Keras bagi yang selah dan culas, lembut terhadap masyarakat yang komimen dengan pendidikan dan ajaran keislaman. 3) Dukungan Masyarakat Terhadap Kepemimpinan Syaikh H. Bahruddin Thalib Lubis di Bidang Pendidikan; a) Syaikh sangat toleran dan terbuka menerima saran dan kritikan masyarakat, b) Syaikh berproses pada dakwah dan pendidikan. berdakwah secara personal dan keoragnisasian. Berpendidikan dengan kultural dan kelembagaan. 4) Kekuatan dan Kelamahan Kepemimpinan Syaikh H. Bahruddin Thalib di Bidang Pendidikan; a) Kekuatan, karakter postif, konsisten untuk fokus dalam misi dakwah dan pendidikan. Ulet dan pantang menyerah dari terpaan problematika tatanan sosial berkehidupan, b) Kelemahan, mengkaderisasi dan menregenerasi pada pendidikan yang berkelanjutan. Kata Kunci: Kepemimpinan, Syaikh H. Bahruddin Thalib Lubis, Pendidikan

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 14 Jan 2025 03:45
Last Modified: 14 Jan 2025 03:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23164

Actions (login required)

View Item View Item