Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Fikih Dalam Melaksanakan Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka di MAN 2 Model Medan

Batubara, Nur Khafifah Indriyani (2024) Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Fikih Dalam Melaksanakan Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka di MAN 2 Model Medan. Masters thesis, UIN Sumatera Utara.

[img] Text
Cover_Tesis_Nur_Khafifah_Indriyani_Batubara.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I_TESIS_NUR_KHAFIFAH_INDRIYANI_BATUBARA.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB_II_TESIS_NUR_KHAFIFAH_INDRIYANI_BATUBARA.pdf

Download (579kB)
[img] Text
BAB_III_TESIS_NUR_KHAFIFAH_INDRIYANI_BATUBARA.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB_IV_TESIS_NUR_KHAFIFAH_INDRIYANI_BATUBARA.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB_V_TESIS_NUR_KHAFIFAH_INDRIYANI_BATUBARA.pdf

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_TESIS_NUR_KHAFIFAH_INDRIYANI_BATUBARA.pdf

Download (248kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hasil dari analisis mengenai kompetensi pedagogik guru Fikih dalam melaksanakan pembelajaran pada kurikulum merdeka di MAN 2 Model Medan, berupa memahami karakteristik peserta didik, memahami teori belajar, pelaksanaan pembelajaran, pemanfaatan teknologi dan informasi dalam pembelajaran, serta juga mengenai evaluasi pada pembelajaran kurikulum merdeka di MAN 2 Model Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis analisis naturalistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian dalam teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan 4 tahapan yaitu: Kepercayaan (Credibility), Keteralihan (Transferability), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa;1) Kompetensi guru Fikih dalam menganalisis karakteristik peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran pada kurikulum merdeka di MAN 2 Model Medan dikategorikan dengan baik, dengan indikator memahami aspek fisik, moral, spiritual, sosial kultur, emosional dan intelektual pada peserta didik. 2) Kompetensi guru Fikih dalam menguasai teori belajar serta prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif dalam melaksanakan pembelajaran pada kurikulum merdeka di MAN 2 Model Medan dengan kategori cukup baik, dengan indikator teori belajar konstruktivisme, behaviorisme, dan kognitivisme. 3) Kompetensi guru Fikih dalam menyelenggarakan pembelajaran pada kurikulum merdeka di MAN 2 Model Medan dengan kategori hasil cukup baik dengan menggunakan indikator pendekatan. 4) Kompetensi guru Fikih dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam kepentingan pembelajaran pada kurikulum merdeka di MAN 2 Model Medan mendapatkan hasil penelitian degan kategori baik, dengan menggunakan media proyektor, Film, VCD/DVD/VCR, Internet, dan Sosial Media berupa Chanel Youtube. 5) Kompetensi guru Fikih dalam melaksanakan evaluasi proses dan hasil belajar di dalam pelaksanaan pembelajaran pada kurikulum merdeka di MAN 2 Model Medan dikategorikan dengan hasil cukup baik, dengan indikator dalam asesmen formatif dan asesmen sumatif.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 14 Jan 2025 03:06
Last Modified: 14 Jan 2025 03:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23154

Actions (login required)

View Item View Item