PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN P2RE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS XI SMA RAHMAT ISLAMIYAH MEDAN

Vadinda, Farell Zahra (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN P2RE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS XI SMA RAHMAT ISLAMIYAH MEDAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover_rere.pdf

Download (818kB)
[img] Text
bab_I_rere_.pdf

Download (235kB)
[img] Text
bab_2_rere_fix.pdf

Download (735kB)
[img] Text
bab_3_rere_fix.pdf

Download (512kB)
[img] Text
bab_4_rere.pdf

Download (996kB)
[img] Text
bab_5_rere.pdf

Download (37kB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran P2RE Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita kelas XI di SMA Rahmat Islamiyah Medan” yang dilatarbelakangi bahwa masalah utama dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks berita. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita melalui model pembelajaran P2RE (Persiapan, Pengorganisasian, Reflektif, dan Evaluasi) pada siswa kelas XI di SMA Rahmat Islamiyah Medan. Metodologi penelitian ini adalah kuantitatif dengan menghasilkan pretest dan postest. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui tes non tes (tes hasil belajar siswa, observasi, dokumentasi, dan angket). Analisis data meliputi analilis data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa hasil observasi belajar siswa pada tahap pretest sebesar 9,9% pada tahap mengerjakan soal pretest secara individu nilai rata-rata siswa XI SMA Rahmat Islamiyah Medan hanya 76,2 sedangkan pada tahap postest hasil belajar siswa sebesar 14,6% dan pada tahap soal postest secara kelompok nilai ratarata siswa 89,33. Jadi kesimpulannya nilai rata-rata siswa meningkat setelah diberikan model pembelajaran P2RE sebesar 13,11.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: menulis teks berita, model pembelajaran P2RE (persiapan, pengorganisasian, reflektif dan evaluasi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 04 Oct 2024 02:15
Last Modified: 04 Oct 2024 02:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/22797

Actions (login required)

View Item View Item