Pengembangan Modul Berbasis Teknologi Digital (E-Modul) Berorientasi Pada Kemampuan Pembuktian Matematis

Hasanah, Rusi Ulfa (2023) Pengembangan Modul Berbasis Teknologi Digital (E-Modul) Berorientasi Pada Kemampuan Pembuktian Matematis. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Laporan Akhir Penelitian Rusi BOPTN 2023 - Repo.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mahasiswa calon guru matematika harus memiliki kemampuan pembuktian matematis. Namun kemampuan pembuktian matematis mahasiswa belum memuaskan sehingga dibutuhkan bahan ajar yang sesuai dengan kemanjuan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul berbasis teknologi digital berorientasi pada kemampuan pembuktian matematis mata kuliah Analisis Real Lanjut yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di Prodi Pendidikan Matematika UIN Sumatera Utara tahun akademik 2023/2024. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan tes. Instrumen angket yang digunakan adalah lembar validasi ahli dan angket respon mahasiswa. Instrumen tes yang digunakan adalah soal tes kemampuan pembuktian matematis materi limit. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Produk hasil penelitian ini adalah modul berbasis teknologi digital yang berorientasi pada kemampuan pembuktian matematis. Hasil penelitian menunjukan skor kevalidan modul berbasis teknologi digital oleh ahli materi memiliki skor 4,38 (sangat valid), oleh ahli media memiliki skor 4,21 (sangat valid), dan oleh ahli bahasa memiliki skor 4,27 (sangat valid). Hasil uji kepraktisan pada saat uji coba kelompok kecil menunjukkan skor 4,22 (sangat praktis) dan uji coba kelompok besar menunjukkan skor 4,08 (sangat praktis). Hasil uji keefektifan menunjukkan rata-rata ketuntasan klasikal sebesar 77,48%.

Jenis Item: Lainnya
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Laporan Penelitian (Research Report)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 05 Feb 2024 07:08
Last Modified: 05 Feb 2024 07:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/22242

Actions (login required)

View Item View Item