Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa

Apri, Lisa Dwi and Hasibuan, Eka Khairani and Lubis, Putri Anggi (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UINSU Medan.

[img] Text
LAPORAN PENELITIAN PMM 2023 B5 (Repaired).pdf

Download (1MB)
[img] Text
Sertifikat HaKI Lisa Dwi Afri dkk_Laporan Penelitian.pdf

Download (2MB)

Abstract

Adapun yang menjadi latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu hasil penelitian terdahulu dan hasil observasi peneliti sebelumnya yang menunjukkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa masih rendah. Kemampuan pemecahan masalah adalah kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah ini disebabkan oleh model pembelajaran yang diterapkan oleh dosen masih berpusat kepada dosen. Berdasarkan permasalahan tersebut, adapun upaya untuk mengatasinya yaitu dengan menerapkan project based learning. Project Based Learning (PjBL) adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek sebagai dasar awal bagi mahasiswa untuk membangun pengetahuan yang baru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa prodi pendidikan matematika FITK UIN Sumatera Utara Medan dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan matematika semester IV pada mata kuliah metode numerik dengan mengambil dua kelas secara acak sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan soal tes yaitu soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis (pre test dan post test). Data yang sudah dikumpulkan selanjutnya dianalisis dan dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t. Halsil pre test kemalmpualn pemecahan masalah diperoleh paldal kelals ekperimen dengaln nilali minimum 18, nilali malksimum 26, raltal-raltal 22,5385 daln stalndalr devialsi 2,3703 daln paldal kelals kontrol dengaln nilali minimum 18 nilali malksimum 26, nilali raltal-raltal 22,6667 daln stalndalr devialsi 1,6441. Halsil post test kemalmpualn pemecahan masalah paldal kelals eksperimen diperoleh nilali minimum 28, nilali malksimum 38, raltal-raltal 33,92 daln stalndalr devialsi 2,965 daln paldal kelals kontrol diperoleh nilali minimum 22, nilali malksimum 32, raltal-raltal 27,41 daln stalndalr devialsi 2,763. Halsil pegujialn terhaldalp hipotesis diperoleh nilali signifikalnsi (Sig 2-taliled) yalitu 0,000 lebih kecil dalri talralf signifikalnsi 0,05, sehinggal dalpalt disimpulkaln Hal diterimal daln Ho ditolalk. Terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalaha mahasiswa.

Jenis Item: Lainnya
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Laporan Penelitian (Research Report)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 22 Jan 2024 04:34
Last Modified: 22 Jan 2024 04:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/22164

Actions (login required)

View Item View Item