Metode Layanan Bimbingan Realitas dalam Mengurangi Dampak Psikologis Para Santri Yatim Yayasan Abulyatama Kota Tebing Tinggi

Purba, Apriyanti (2022) Metode Layanan Bimbingan Realitas dalam Mengurangi Dampak Psikologis Para Santri Yatim Yayasan Abulyatama Kota Tebing Tinggi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
cover_asli.pdf

Download (670kB)
[img] Text
Bab_l_Apriyanti_.pdf

Download (244kB)
[img] Text
Bab_ll_Apriyanti_.pdf

Download (259kB)
[img] Text
Bab_lll_Apriyanti_.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Bab_IV_Apriyanti_.pdf

Download (244kB)
[img] Text
Bab_V_Apriyanti_.pdf

Download (48kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka_Apriyanti_.pdf

Download (862kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Bentuk-bentuk metode layanan bimbingan realitas dalam mengurangi dampak psikologis para santri yatim. (2) Penerapan metode layanan bimbingan realitas dalam mengurangi dampak psikologis santri yatim. (3) Indikator keberhasilan penerapan metode layanan bimbingan realitas yang dilakukan dalam mengurangi dampak psikologis para santri yatim. Metodologi pada penelitian ini memiliki Jenis penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Pengumpulan data diambil dengan melakukan wawancara, observasi lapangan, serta dokumentasi, yang diperoleh secara langsung dari para informan yang bersangkutan dengan penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kegiatan layanan bimbingan realitas yang berada di Yayasan Abulyatama Kota Tebing Tinggi belum berhasil,karena ada beberapa bentuk landasan yang tidak bisa dilakukan secara maksimal, yaitu bentuk landasan psikologis, dan juga bentuk landasan ilmiah teknologi, sehingga bimbingan realitas di yayasan belum maksimal, walaupun dilakukan 1 bulan sekali. Dikarenakan ada santri yang masih mengalami gangguan psikologis sampai sekarang. Para pembimbing dan mualimnya mengetahui hal tersebut, tapi belum bisa mereka penuhin, karena keterbatasan dana. Adapun 6 bentuk landasan tersebut dalam mengurangi dampak psikologis para anak yatimyaitu landasan filosofis, landasan religius, landasan psikologis, landasan sosial budaya, landasan ilmiah dan teknologi, serta landasan pedagogis, tetapi ke 6 bentuk landasan ini belum sempurna dilakukan oleh pihak yayasan. Hal inilah ditunjukkan penyebab kegagalan indikator keberhasilannya, sehingga metode layanan bimbingan realitas dinyatakan belum berhasil di yayasan ini. Walaupun pembimbing dan mualimnya sudah memberikan yang maksimal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Yatim, Dampak Psikologis, Layanan Bimbingan Realitas
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Habiba Nur Maulida
Date Deposited: 22 Dec 2023 03:11
Last Modified: 22 Dec 2023 03:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21872

Actions (login required)

View Item View Item