LAYANAN INFORMASI DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 LANGKAT

Bayyinah, Bayyinah (2023) LAYANAN INFORMASI DAN MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 3 LANGKAT. Masters thesis, universitas islam negeri sumatra utara.

[img] Text
cover (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (575kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (60kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan Layanan informasi untuk menumbuhkan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: (1) Deskripsi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar Siswa di MTs Negeri 3 Langkat (2) Layanan Informasi Belajar dan Motivasi Belajar dalam Meningkatkan kemandirian belajar Siswa di MTs Negeri 3 Langkat. (3) Deskripsi hambatan guru BK dalam Meningkatkan kemandirian belajar Siswa di MTs Negeri 3 Langkat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian data yang di peroleh di analisis menggunnakan reduksi data. Subjek dalam penelitian ini adalah guru BK yang berjumlah 4 orang. Hasil penelitian ini adalah penerapan layanan informasi untuk menumbuhkan kemandirian belajar sangat efektif untuk membantu dalam menumbuhkan kemandirian belajar siswa seperti percaya diri, mampu bekerja sendiri, menguasai keahlian, menghargai waktu dan tanggung jawab. dalam penerapan layanan informasi guru BK menggunakan 3 tahapan dalam pelaksanaan layanan informasi yaitu: Tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi. Strategi yang digunakan dalam layanan informasi di MTsN 3 Langkat yaitu dengan metode ceramah, menggunakan media audio visual dalam memberikan informasi yang terkait dengan peningkatan kemandirian belajar. Kesulitan menumbuhkan kemandirian belajar dikarenakan oleh kebiasaan siswa yang selalu bergantung pada orang lain, selalu meminta bantuan pada orang lain dan tidak mau berusaha sendiri dalam hal belajar. Kesulitan dalam menumbuhkan kemandirian belajar dikalangan siswa yang disebabkan oleh berbagai faktor. Siswa yang selalu bergantung pada orang lain dalam hal belajar dan mengerjakan tugas bisa berdampak kurang baik pada diri sendiri dan hasil belajar yang tidak maksimal.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Information services, Independent Learning, BK teachers
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Muthia Syafitri Ulfi
Date Deposited: 19 Dec 2023 05:41
Last Modified: 19 Dec 2023 05:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21786

Actions (login required)

View Item View Item