Manajemen Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik di Madrasah Aliyah Swasta Insan Kesuma Madani Namorambe Kabupaten Deli Serdang

Pringadi, Retno (2023) Manajemen Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik di Madrasah Aliyah Swasta Insan Kesuma Madani Namorambe Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
2__Cover,_Lembar_Persetujuan,_Pengesahan_dll.pdf

Download (500kB)
[img] Text
3__BAB_I.pdf

Download (218kB)
[img] Text
4__BAB_II.pdf

Download (360kB)
[img] Text
5__BAB_III.pdf

Download (140kB)
[img] Text
6__BAB_IV.pdf

Download (262kB)
[img] Text
7__BAB_V.pdf

Download (61kB)
[img] Text
8__Daftar_Pustaka_dan_Lampiran.pdf

Download (592kB)

Abstract

Penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana Manajemen Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik di Madrasah Aliyah Swasta Insan Kesuma Madani Namorambe Kabupaten Deli Serdang yakni merupaka salah satu cara untuk mengembangkan mutu dari tenaga pendidik untuk meningkatkan mutu lembaga pendidikan kepala madrasah dan guru bebas mengambil inisiatif dan kreatif dalam menjalankan program-program yang telah diproyeksikan dapat mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Kepemimpinan kepala sekolah adalah suatu cara atau usaha dalam mempengaruhi, mendorong, membimbing, mengarahkan serta menggerakkan guru, staf, siswa dan orang tua dan juga pihakpihak lain yang berkaitan dengan madrasah untuk ikut bekerja sama/berperan aktif untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Pengumpulan data penelitian diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Langkah analisis data adalah dengan mengumpulkan data, mereduksi data dan kemudian menyimpulkan data. Untuk menguji validitas data dilakukan kreadibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Temuan penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yang berkaitan tentang: 1) Strategi yang digunakan kepala madrasah adalah menggunakan pendekatan Normal-Reeducative Strategy yakni proses inovasi, dan pelatihan (training) bagi pihak-pihak yang berkepentingan langsung atau tidak langsung menurut satuan waktu tertentu. 2) Kepala madrasah memfasilitasi dan mendorong kepada guruguru di madrasah untuk lebih produktif, proaktif dalam memanfaatkan sumber daya yang ada. 3) Kesiapan kompetensi pedagogik, kesiapan kompetensi kepribadian, kesiapan kompetensi sosial dan kesiapan kompetensi profesionalisme.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mutu, Manajemen Strategi, Kompetensi Guru
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Manajemen Pendidikan Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Ms Habiba Nur Maulida
Date Deposited: 18 Dec 2023 09:01
Last Modified: 18 Dec 2023 09:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21779

Actions (login required)

View Item View Item