PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERNUANSA ISLAMI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) UNTUK KELAS VIII SMP TAHFIDZUL QUR’AN AMANAH

NASUTION, YUSRIDA (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERNUANSA ISLAMI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) UNTUK KELAS VIII SMP TAHFIDZUL QUR’AN AMANAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Pengembangan, LKPD Bernuansa Islami, Pendekatan Kontekstual, SPLDV Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Lembar Kerja Pesera Didik (LKPD) bernuansa islami dengan pendekatan kontekstual pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dan untuk mengetahui respon siswa dan guru terhadap LKPD yag telah dikembangkan. Materi yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) karna masih banyak siswa yang sulit memahami konsep SPLDV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D dengan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono. Ada 7 tahapan dalam pengembangan ini, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, dan revisi produk. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari ahli materi dengan skor ratarata 3.40 dengan kritria “sangat menaruk”, ahli media 3.0 dengan kritria “baik”, dan ahli agama islam 3.55 dengan kriteria “sangat baik”, dapat dinyatakan bahwa LKPD yang dikembangkan layak untuk digunakan, dan analisis data yang diperoleh dari guru dengan skor rata-rata 3.70 dengan kriteria “sangat menarik” dan siswa 3.6 dengan kriteria “sangat menarik” dinyatakan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat menarik. Hal ini berarti LKPD yang dikembangkan oleh peneliti dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alat bantu belajar bagi siswa/I dan guru MTs/SMP kelas VIII.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Pengguna yang mendeposit: Mr. Amrul Ahyar
Date Deposited: 30 Dec 2023 17:46
Last Modified: 30 Dec 2023 17:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21403

Actions (login required)

View Item View Item