Pengaruh Permainan Balok Susun Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII

Andriani, Hilda and Siregar, Tanti Jumaisyaroh (2023) Pengaruh Permainan Balok Susun Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII. Pengaruh Permainan Balok Susun Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII, 7 (2). pp. 243-251. ISSN 548-8163 (Tidak diterbitkan (Unpublished) )

[img] Text
9341-Article_Text-26532-1-10-20230729.pdf

Download (203kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan media balok susun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 60 siswa dari kelas VII-2 dan VII-3. Instrument yang digunakan merupakan soal tes kemampuan berpikir kreatif dan menggunakan media balok susun. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang dilakukan, nilai rata-rata pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata pada kelas kontrol. Dengan menggunakan media balok susun, siswa dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatifnya. Dari total 60 siswa yang diuji, hanya 58,33% siswa yang memiliki tingkat berpikir kreatif rendah. Dari empat indikator kemampuan berpikir kreatif terdapat berbagai kategori seperti kurang, cukup, baik, dan sangat baik. Dalam proses pembelajaran, guru dapat mengevaluasi tingkat berpikir kreatif siswa dengan menggunakan berbagai jenis media, termasuk menyusun balok, dan guru dapat menyalurkan kreativitasnya dalam proses pembelajaran.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Balok Susun, Berpikir Kreatif
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Nur Arisyah Lubis
Date Deposited: 10 Dec 2023 13:41
Last Modified: 10 Dec 2023 13:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21380

Actions (login required)

View Item View Item