Analisis Kebijakan Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru di SMA Negeri 1 Sei Lepan

Putri, Maghfirah Amanda and Mesiono, Mesiono and Daulay, Nurika Khalila (2023) Analisis Kebijakan Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru di SMA Negeri 1 Sei Lepan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Islam Sumatera Utara Medan.

[img] Text
cover_skripsi.pdf

Download (348kB)
[img] Text
Bab_1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab_2_skripsi_final.pdf

Download (196kB)
[img] Text
Bab_3.pdf

Download (845kB)
[img] Text
Bab_4_skripsi_final.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Bab_5.pdf

Download (456kB)
[img] Text
daftar_pustaka_skripsi.pdf

Download (436kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : implementasi kebijakan zonasi dalam penerimaan peserta didik baru di SMA Negeri 1 Sei Lepan, tingkat keberhasilan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru di SMA Negeri 1 Sei Lepan, respon siswa terhadap sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru, dan pendidikan dengan penerapan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru di SMA Negeri 1 Sei Lepan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, panitia PPDB, guru, dan siswa yang ada di SMA Negeri 1 Sei Lepan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknis analisis data dari Miles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lalu pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara uji kredibilitas, uji trasferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) implementasi kebijakan sistem zonasi di SMA Negeri 1 Sei Lepan sudah berjalan sebagaimana mestinya sesuai dengan kebijakan yang berlaku, (2) PPDB sistem zonasi sudah berhasil dilakukan di SMA Negeri 1 Sei Lepan karena sekolah sudah mencapai target daya tampung calon peserta didik, (3) siswa/i SMA Negeri 1 Sei Lepan setuju dan mereka juga mersa terbantu dengan adanya sistem zonasi ini, (4) perbedaan kualitas pendidikan antara sistem zonasi dan sebelum sistem zonasi tidak terlalu terlihat jelas, tetapi sekolah merasakan adanya peningkatan kualitas pendidikan setelah adanya sistem zonasi ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi kebijakan zonasi dalam penerimaan peserta didik baru di SMA Negeri 1 Sei Lepan berjalan dengan baik dan berhasil karena dapat mencapai target daya tampung calon peserta didik. Siswa pun merasa terbantu dengan sistem zonasi ini, selanjutnya sekolah merasakan bahwa kualitas pendidikan setelah adanya sistem zonasi ini meningkat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi kebijakan, tingkat kebehasilan, respon siswa, kualitas pendidikan.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 379 Government regulation, control, support
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Nur Fauziah Utami
Date Deposited: 10 Dec 2023 06:31
Last Modified: 10 Dec 2023 06:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21352

Actions (login required)

View Item View Item