Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Di SMP Perguruan Islam Amalia Medan

Amanda, Putri and Mahidin, Mahidin (2023) Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Di SMP Perguruan Islam Amalia Medan. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7 (3). pp. 546-556. ISSN p-2541-6782, e-ISSN 2580-6467

[img] Text
18_+Putri+Amanda_(1).pdf

Download (680kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar terhadap peningkatan prestasi belajar siswa di SMP Perguruan Islam Amalia Medan. Metode dalam peneltian ini adalah metode kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa/i di SMP Perguruan Islam Amalia Medan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kuantitatif. Instrumen pengambilan data menggunakan skala linkert dengan skor 1- 4 dan pedoman obervasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis untuk mengetahui nilainya. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa yang dibuktikan dengan besarnya nilai R Square, yaitu sebesar 0,628 pada tingkat signifikansi 0,05. Dengan demikian bimbingan belajar mempunyai pengaruh 60,5% dalam peningkatan prestasi belajar siswa di SMP Perguruan Islam Amalia Medan. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu bahwa prestasi belajar siswa di SMP Perguruan Islam Amalia Medan meningkat seiring dengan seringnya mengikuti bimbingan belajar.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Bimbingan belajar, peningkatan, prestasi belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Nur Arisyah Lubis
Date Deposited: 09 Dec 2023 06:50
Last Modified: 09 Dec 2023 06:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21222

Actions (login required)

View Item View Item