Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di MTs Negeri 3 Medan

MAWADDAH, FIDA (2023) Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di MTs Negeri 3 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_SKRIPSI.pdf

Download (661kB)
[img] Text
BAB_I_PENDAHULUAN.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB_II_KAJIAN_TEORI.pdf

Download (715kB)
[img] Text
BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB_IV_HASIL_PENELITIAN_DAN_PEMBAHASAN.pdf

Download (827kB)
[img] Text
BAB_V_PENUTUP.pdf

Download (231kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (949kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi non akademik yang diperoleh siswa, kegiatan ekstrakulikuler yang ada, strategi yang diterapkan kepala madrasah untuk meningkatkan prestasi non akademik siswa, kendala kepala madrasah dalam menerapkan stategi, dan ketercapaian kegiatan ekstrakulikuler dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa di MTs Negeri 3 Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan dalam latar alamiah, holistik dan mendalam. Subjek penelitiannya yaitu kepala sekolah, guru/pembina kegiatan ekstrakurikuler, siswa, dan pelatih kegiatan ekstrakurikuler. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan Analysis Interactive Model dari Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teknik keabsahan data penelitian yaitu kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) Prestasi non akademik siswa berasal dari kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti siswa, diantaranya berasal dari pramuka, paskibra, tahfiz, karya ilmiah remaja, mujawwad, tari dan futsal. 2) Kegiatan ekstrakurikuler yang ada di MTs Negeri 3 Medan yaitu futsal, paskibra, pramuka, KIR, UKS, Tari, Mujawwad, PIS, band/musik, dan tahfiz. 3) Strategi yang diterapkan oleh kepala madrasah yaitu: memilih pelatih yang kompeten, menentukan jadwal ekstrakurikuler yang bagus, sarana dan prasarana, pendanaan, motivasi kepada siswa, dan evaluasi. 4) Kendala yang di hadapi kepala madrasah yaitu dari sisi finansial, dari segi waktu mengikuti event atau perlombaan dan dari segi ketika mengikuti event yang jauh harus menambah personil pengawas/guru. 5) Ketercapaian kegiatan ekstrakurikuler dilihat dari prestasi yang diperoleh siswa selama mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang mana prestasi non akademik yang telah diraih oleh para siswa MTs Negeri 3 Medan yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sudah mencapai di titik berpartisipasi dan memenangkan event atau perlombaan berskala nasional. Selain itu, ketercapaian kegiatan ekstrakurikuler dapat di lihat dari dampak terhadap anggota yang mengikutinya yaitu memperdalam dan memperluas pengetahuan siswa mengenai kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti dan berhasil membangun kepribadian siswa yang berkarakter kuat dan mandiri. Dengan demikian, strategi yang diterapkan kepala madrasah untuk meningkatkan prestasi non akademik siswa MTs Negeri 3 Medan melalui kegiatan ekstrakurikuler sudah mampu memberikan berbagai prestasi dalam berbagai event atau perlombaan tidak hanya antar sekolah atau antar kabupaten/kota melainkan sudah berskala nasional. Hanya beberapa kendala saja yang perlu dibenahi oleh pihak sekolah yaitu dari sisi finansial, dari segi waktu dan segi jarak mengikuti event atau perlombaan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : Strategi, Kepala Madrasah, Prestasi Non Akademik, Ekstrakurikuler
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 369 Miscellaneous kinds of associations
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Sella Octavia
Date Deposited: 08 Dec 2023 08:22
Last Modified: 08 Dec 2023 08:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21137

Actions (login required)

View Item View Item