Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakansparkol Vidioscribe Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Di Kelas VII MTs.S Darul Ihsan Tahun Pembelajaran 2020/2021

Anum, Paridah (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakansparkol Vidioscribe Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Di Kelas VII MTs.S Darul Ihsan Tahun Pembelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
PARIDAH_ANUM_COVER_BENAR.pdf

Download (762kB)
[img] Text
PARIDAH_ANUM_BAB_I.pdf

Download (422kB)
[img] Text
PARIDAH_ANUM_BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PARIDAH_ANUM_BAB_III.pdf

Download (642kB)
[img] Text
PARIDAH_ANUM_BAB_IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PARIDAH_ANUM_BAB_V.pdf

Download (351kB)
[img] Text
PARIDAH_ANUM_DAFTAR_PUSTAKA-digabungkan_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran menggunakan Sparkol Videoscribe unruk meningkatkan Minat Belajar siswa yang valid, praktis dan efektif agar dapat diterapkan sebagai media pembelajaran matematika pada materi Himpunan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada salah satau model atau pendekatan desain sistem pembelajaran yaitu model ADDIE yang merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs,S Darul Ihsan yang berjumlah 25 orang. Jenis data pada penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi media dan materi,angket minat belajar siswa, angket respon siswa dan guru serta tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kevalidan media berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi mendapatkan rata-rata persentase sebesar 88,93% dengan kriteria “sangat baik/sangat valid”. (2) Kepraktisan media pembelajaran berdasarkan respon siswa dan guru setelah menggunakan media mendapatkan rata-rata persentase sebesar 92,70% yang termasuk kriteria “sangat praktis”. (3) Keefektifan media berdasarkan minat belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran matematika interaktif sebesar 90,50%. Dari hasil perhitungan manual diperoleh n-gain score sebesar 0,70. Kemudian untuk uji t didapat nilai thitung= 13,71 serta nilai ttabel= 2,06 yang artinya thitung > ttabel dan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan media pembelajaran menggunakan Sparkol Videoscribe untuk meningkatkan minat belajar siswa dapat dikatakan layak dengan kategori valid, praktis dan efektif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Menggunakan Sparkol Videoscribe, Minat Belajar, Himpunan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students (kelaskan di sini kegiatan ekstra kurikuler, OSIS, dsb.), Note: Untuk Pramuka kelaskan di: 369
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Nadzalya Amalika
Date Deposited: 07 Dec 2023 07:00
Last Modified: 07 Dec 2023 07:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21021

Actions (login required)

View Item View Item