Analisis Anggaran Biaya Produksi Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Biaya Produksi (Studi Kasus : PT Perkebunan Nusantara II Tanjung Morawa)

Khairuni, Dini Vira (2023) Analisis Anggaran Biaya Produksi Dalam Menunjang Efektivitas Pengendalian Biaya Produksi (Studi Kasus : PT Perkebunan Nusantara II Tanjung Morawa). Skripsi thesis, State Islamic University of North Sumatera.

[img] Text
1_COVER-2.pdf

Download (934kB)
[img] Text
2_BAB_I.pdf

Download (763kB)
[img] Text
3_BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4_BAB_III.pdf

Download (615kB)
[img] Text
5_BAB_IV.pdf

Download (870kB)
[img] Text
6_BAB_V.pdf

Download (605kB)
[img] Text
7_DAFTAR_PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran anggaran biaya produksi dalam menunjang efektivitas pengendalian biaya produksi dan terjdinya selisih anggaran dan realisasi biaya produksi pada PT. Perkebunan Nusantara II Tanjung Morawa). Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah pegawai bagian keuangan dan anggaran. Berdasarkan hasil penelitian bahwa anggaran biaya produksi memiliki peran sangat penting dalam efektivitas pengendalian. Anggaran biaya digunakan sebagai alat pengendalian dan perencanaan keuangan dalam operasional perusahaan. Selisih biaya produksi dari tahun 2018-2022 selama 5 tahun berturut-turut anggaran dan realisasi biaya produksi ada yang tidak efektif pada tahun 2022, selisih yang efektif yaitu dimana setiap tahunnya anggaran dan realisasi biaya produksinya terus meningkat, ketika perusahaan menurun sehingga perusahaan kurang mengalami keuntungan. Yang dilakukan PT. Perkebunan Nusantara II Tanjung Morawa jika terjadi keuntungan yaitu meningkatkan produksi dan efisiensi operasional, peningkatakan kualitas produk, dan pengembangan SDM. Sebaliknya jika PT. Perkebunan Nusantara II Tanjung Morawa mengalami kerugian yang dilakukan yaitu bisa dengan meningkatkan efisiensi produk, dan terus mempertahankan kinerja dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penyusunan anggaran di PT. Perkebunan Nusantara II sudah menjalankan sistem bottom up, yang dimana perusahaan mengikut sertakan semua bagian-bagian mulai dari bagian terendah sampai ke bagian yang tertinggi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis anggaran biaya produksi, Pengendalian biaya
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Khoirunnisa Wardah Rizkia Surbakti
Date Deposited: 07 Dec 2023 08:14
Last Modified: 02 Jan 2024 18:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20993

Actions (login required)

View Item View Item