Determinan Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Puskesmas di Indonesia (Analisis Data Sekunder Riset Ketenagaan di Bidang Kesehatan (Risnakes) Tahun 2017)

Clarisa, Widya Ananda (2023) Determinan Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Puskesmas di Indonesia (Analisis Data Sekunder Riset Ketenagaan di Bidang Kesehatan (Risnakes) Tahun 2017). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER_WIDYA_ANANDA_CLARISA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I_WIDYA.pdf

Download (758kB)
[img] Text
BAB_II_WIDYA_ANANDA.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB_III_WIDYA_ANANDA_.pdf

Download (661kB)
[img] Text
BAB_IV_WIDYA_ANANDA_CLARISA.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB_V_WIDYA_ANANDA_.pdf

Download (340kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_WIDYA_ANANDA_CLARISA.pdf

Download (1MB)

Abstract

.Pelayanan kesehatan merupakan suatu upaya yang diselenggarakan secara bersama-sama dalam organisasi kesehatan untuk memelihara dan meningkatkaan kesehatan, mencegah, menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan perseorangan, keluarga, kelompok ataupun masyarakat. Kualitas pelayanan kesehatan perlu ditingkatkan karena kebutuhan masyarakat, perorangan terhadap kesehatan yang sesuai dengan standar dengan pemanfaatan sumber daya secara wajar, efisien, efektif dalam keterbatasan kemampuan Pemerintah dan masyarakat, serta diselenggarakan secara aman dan memuaskan sesuai norma dan etika yang baik sehingga masyarakat merasakan puas dengan pelayanan yang diberikan. Terciptanya kualitas pelayanan tentunya akan menciptakan kepuasan pengguna layanan. Pasien akan menilai kualitas layanan mulai dari pertama kali datang, proses pelayanan, biaya yang dikeluarkan, sampai pasien tersebut pulang. Jika layanan yang dirasakan tidak sesuai dengan yang diharapkan, maka pasien tidak puas dan akhirnya tidak akan loyal kepada puskesmas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Determinan Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Puskesmas Di Indonesia dengan menggunakan data sekunder Risnaskes tahun 2017. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini mengacu pada populasi dalam Risnakes 2017 yaitu sebanyak 149 puskesmas dengan 597 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan kepusan pasien dalam pelayanan puskesmas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan kesehatan, Kepuasan, Pasien
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr. Tiopan Daris Siregar
Date Deposited: 07 Dec 2023 01:20
Last Modified: 07 Dec 2023 01:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20991

Actions (login required)

View Item View Item