Peran Wali Kelas Dalam Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar Siswa Kelas V Di SD Negeri 112299 Bandar Durian

Alwina Sipahutar, Dedek (2023) Peran Wali Kelas Dalam Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar Siswa Kelas V Di SD Negeri 112299 Bandar Durian. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER_SKRIPSI_WINA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (689kB)
[img] Text
BAB_II_WINA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_III_WINA.pdf

Download (766kB)
[img] Text
BAB_IV_WINA.pdf

Download (964kB)
[img] Text
BAB_V_WINA.pdf

Download (467kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN-dikompresi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sesuai dengan rumusan masalah penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kesulitan apa saja yang dialami siswa kelas V dalam proses belajar mengajar di SD Negeri 112299 Bandar Durian, (2) Untuk mengetahui bagaimana peran wali kelas dalam mengatasi masalah kesulitan belajar siswa kelas V di SD Negeri 112299 Bandar Durian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu berupa data-data yang tertulis maupun lisan dari orang lain dan perilaku yang dialami. Subjek penelitian ini adalah wali kelas V dan siswa kelas V yang mengalami kesulitan belajar di SD Negeri 112299 Bandar Durian. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan tiga metode pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memfokuskan pada hal-hal yang menjadi pokok bahasan, triagulasi data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa, (1) Kesulitan siswa kelas V dalam proses belajar mengajar di SD Negeri 112299 Bandar Durian seperti siswa yang malas belajar, siswa yang minim rasa ingin tahunya, siswa yang bermain pada saat pembelajaran berlangsung, (2) Peran wali kelas dalam mengatasi masalah kesulitan belajar siswa kelas V di SD Negeri 112299 Bandar Durian seperti memberikan bimbingan dan nasihat agar dalam belajar siswa tidak mengalami kesulitan belajar dan memperoleh nilai yang baik, memberi contoh dan teladan yang baik bagi siswa, mengadakan hubungan kerjasama terhadap guru bidang study dan orang tua siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Wali Kelas, Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Tamara Oktafiani Zega
Date Deposited: 05 Dec 2023 14:51
Last Modified: 09 Dec 2023 17:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20857

Actions (login required)

View Item View Item