IMPLEMENTASI HIDDEN CURRICULLUM DALAM PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SDN. 136539 TANJUNGBALAI

Matondang, Muhammad Alfaridzi (2023) IMPLEMENTASI HIDDEN CURRICULLUM DALAM PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SDN. 136539 TANJUNGBALAI. Masters thesis, State Islamic University of North Sumatera.

[img] Text
COVER_TESIS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (572kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi Penerapan Hidden Curricullum pendidikan agama islam dalam pembinaan karakter religius peserta didik dan karakter�-karakter yang terbentuk melalui proses belajar pendidikan agama islam. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yaitu jenis penelitian yang mengkaji data yang dapat menggambarkan realita sosial yang kompleks dan konkrit. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, metode kepustakaan dan pemanfaatan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisa data interaktif dengan tahap pra lapangan, tahap pelaksanaan, tahap analisa data, tahap kesimpulan dan tahap pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Penerapan Hidden Curricullum Dalam Pembinaan Karakter Religius Peserta Didik di SDN. 136539 Tanjungbalai terdapat empat proses belajar Pendidikan Agama Islam. Kegiatan tersebut terbagi atas empat jenis, yaitu Tahfidz Qur'an, Qira'at Qur'an, Tilawah Qur'an dan Wisata Rohani, 2. Proses Penerapan Hidden Curricullum Dalam Pembinaan Karakter Religius Peserta Didik di SDN. 136539 Tanjungbalai. Akan tetapi dalam pembahasan ini, hanya diambil kegiatan-kegiatan proses belajar PAI yang sekiranya memiliki andil dalam pembentukan karakter siswa, misalnya jenis kegiatan proses belajar PAI, yaitu pengenalan kitab suci, ibadah, kegiatan sosial, pembiasaan akhlak mulia dan penanaman nilai sejarah keagamaan. Melalui kegiatan ini peserta didik dapat belajar mengembangkan kemampuan berkomunikasi, berkerja sama dengan orang lain, disiplin dan karakter-karakter lainnya, 3. Solusi Penerapan Hidden Curricullum Dalam Pembinaan Karakter Religius Peserta Didik di SDN. 136539 Tanjungbalai.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hidden Curricullum, Karakter Religius Peserta Didik.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Rizqi Aditya
Date Deposited: 05 Dec 2023 08:12
Last Modified: 05 Dec 2023 08:12
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20813

Actions (login required)

View Item View Item