Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter Islami pasca Pandemi Covid-19 pada Peserta Didik SMA Al-Hidayah Medan

Pihar, Ahmad (2023) Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter Islami pasca Pandemi Covid-19 pada Peserta Didik SMA Al-Hidayah Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover.pdf

Download (862kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (728kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (525kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka_dan_Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan rumusan masalah penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menganalisis Karakter Peserta didik Pasca Covid-19 di SMA Al-Hidayah Medan (2) Untuk meganalisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter Islami yang diterapkan di SMA Al-Hidayah Medan (3). Untuk menganalisis hambatan apa saja yang terjadi dalam penerapan nilai-nilai Pendidikan Karakter Islami di SMA Al-Hidayah Medan (4). Untuk menganalisis hasil dari penerapan Nilai-nilai Pendidikan karakter Islami yang di terapkan di SMA Al-Hidayah Medan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang memberikan gambaran tentang situasi dan kejadian secara faktual dan sistematis mengenai faktor-faktor, sifat-sifat, dan hubungan suatu fenomena. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dan analisis data mengunakan reduksi data (Data Reduction), Display data (Data Display), Penarikan kesimpulan (Conclusion drawing/verification). Peneliti menggunakan uji triangulasi untuk memperoleh ke absahan data. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan: 1) Karakter Peserta didik Pasca Covid-19 di SMA Al-Hidayah Medan dari kedelapan belas karakter yang ada menurut Menteri Pendidikan ada tiga karakter yang mengalami penurunan yaitu karakter relegius perilaku yang kurang patuh dalam melaksanakan ajaran agama seperti shalat berjama’ah sebagian harus dipaksa walaupun ada dari kemauan sendiri namun hanya beberapa peserta didik saja, karakter kurang disiplin tindakan yang menunjukan perilaku kurang tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan sekolah seperti memasukkan pakaian, memakai peci, telat masuk sekolah, juga kurang memiliki karakter Tanggung Jawab, sikap dan perilaku seseorang kurang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya yang diberikan guru 2) Pendidikan karakter Islam yang di terapkan di SMA sekolah Al-Hidayah Medan Pendidikan karakter falsafi/ teoritis seperti membaca Al-qur’an, menghafalnya (tahfidz) serta mempelajarinya (tahsin), pelatihan Agama seperti belajar ceramah/pidato, mabit (malam binaan iman dan taqwa) pramuka dan renuang suci. Pendidikan Karakter Amali seperti berinfaq setiap hari Jum’at. Pendidikan karakter Jama’ah seperti Sholat berjama’ah dan pemberian nasehat kepada peserta didik 3). Hambatan dalam Penerapan Pendidikan Karakter Islami di sekolah Al-Hidayah Medan adalah peserta didik sebagian jarang hadir mengikuti pendidikan karakter, pada saat guru menerapkan pendidikan karakter mereka sering mengantuk dan kurang fokus untuk mendengarkan, sebagian tidak berminat untuk mengikutinya, juga dukungan dari sebagian orang tua tidak memberikan izin kepada anaknya, peserta didik terlalu asik dengan alat komukasi sehingga tidak fokus dengan pendidikan karakter. Minat belajar mereka kurang, peserta didik sulit untuk disuruh sholat berjama’ah 4). Hasil dari Penerapan Pendidikan Karakter Islami di sekolah Al-Hidayah peserta didik untuk karakter falsafi/teoritis baik, dikarenakan selalu membaca al-qur’an setiap hari bahkan mereka hafal dengan surah yang mereka baca, mereka sudah berani tampil menyampaikan ceramah di depan teman-temannya dan guru-gurunya. Karakter amali juga baik, dikarenakan mereka selalu berinfaq setiap hari Jum’at tanpa paksaan. karakter Jama’ah juga baik peserta didik selalu melakukan sholat Ashar berjama’ah sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan Karakter Islami, Pasca Covid-19
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Ms Habiba Nur Maulida
Date Deposited: 01 Dec 2023 02:09
Last Modified: 01 Dec 2023 02:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20608

Actions (login required)

View Item View Item