Hubungan Literasi Digital Terhadap Penyeberan Informasi Di Facebook Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial Uin Sumatra Utara Medan

HARTATI, SABILA KARIN (2023) Hubungan Literasi Digital Terhadap Penyeberan Informasi Di Facebook Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial Uin Sumatra Utara Medan. Skripsi thesis, universitas islam negeri sumatra utara.

[img] Text (cover)
Cover.pdf - Submitted Version

Download (597kB)
[img] Text (bab 1)
BAB_I.pdf - Submitted Version

Download (188kB)
[img] Text (bab 2)
BAB_II.pdf - Submitted Version

Download (231kB)
[img] Text (bab 3)
BAB_III.pdf - Submitted Version

Download (181kB)
[img] Text (bab 4)
BAB_IV.pdf - Submitted Version

Download (340kB)
[img] Text (bab 5)
BAB_V.pdf - Submitted Version

Download (539kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA (1).pdf - Submitted Version

Download (540kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui jenis informasi yang tersebar di Facebook, kemampuan literasi digital dalam penyebaran informasi, serta hubungan literasi digital terhadap penyebaran informasi di Facebook pada mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner atau angket sebagai alat pengumpul data yang diperoleh dari responden. Populasi penelitian ini sebanyak 495 orang yaitu gabungan dari Angkatan 2018 – 2021 dengan jumlah sampel sebanyak 83 mahasiswa yang ditentukan dengan sampling random. Untuk mengukur tingkat literasi digital terhadap penyebaran informasi di facebook digunakan aplikasi SPSS versi 25. Untuk menguji hipotesis dilakukan uji-t pada tingkat kepercayaan 95% (α=0.05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan memiliki nilai rata-rata dalam penyebaran jenis informasi yaitu nilai rata-rata ingatan selektif lebih tinggi dari pada persepsi Selektif. Mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan memiliki tingkat literasi digital sebesar 2.109. Hasil Uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat literasi digital dan penyebaran informasi di facebook. Kata Kunci: litersi digital, penyebaran informasi, Facebook.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences
000 Generalities > 020 Library and information sciences > 028 Reading, use of other information media
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Tamara Oktafiani Zega
Date Deposited: 09 Dec 2023 16:28
Last Modified: 14 Dec 2023 07:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20526

Actions (login required)

View Item View Item