Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Advance Organizer di Kelas X SMA Darussalam

Turrizqiya, Aulia (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Advance Organizer di Kelas X SMA Darussalam. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_AULIA_(1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I_TERBARU.pdf

Download (334kB)
[img] Text
bab_II_(1).pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (820kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (547kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis video pembelajaran pada materi baris dan deret aritmatika. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kepraktisan dan kefektifan media yang dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA DARUSSALAM. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model ADDIE, yakni terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (penerapan), dan Evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi untuk mengukur kevalidan media pembelajaran, lembar angket uji kepraktisan siswa, serta tes hasil belajar siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kevalidan media berdasarkan penilaian ahli media yaitu 79% dengan kriteria sangat layak dan ahli materi yaitu 81,25% dengan kriteria sangat layak. (2) Kepraktisan media berdasarkan respon siswa yaitu 81% dengan kategori sangat praktis. (3) Keefektifan media pembelajaran berdasarkan tes hasil belajar siswa mendapatkan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 86% dengan hasil N-Gain 61% yang tergolong cukup efektif. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan media pembelajaran matematika berbasis alat peraga pada materi matriks dapat dikatakan layak dengan kategori valid, praktis, dan efektif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Matematika, Video Pembelajaran, ADDIE
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Habiba Nur Maulida
Date Deposited: 13 Oct 2023 04:19
Last Modified: 13 Oct 2023 04:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20430

Actions (login required)

View Item View Item