Piliang, Alfitria A. (2022) Perbedaan Strategi Active Learning Tipe Active Knowledge Sharing dan Team Quiz terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI SMA Swasta PABA Binjai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Text
Cover.pdf Download (743kB) |
|
Text
BAB_I.pdf Download (352kB) |
|
Text
BAB_II.pdf Download (784kB) |
|
Text
BAB_III.pdf Download (536kB) |
|
Text
BAB_IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB_V.pdf Download (324kB) |
|
Text
DAPUS_dan_LAMPIRAN_compressed.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan strategi active learning tipe Active Knowledge Sharing (AKS) dan Team Quiz (TQ) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI SMA Swasta PABA Binjai. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Populasinya seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 98 siswa, sedangkan sampelnya 30 siswa kelas ekperimen A dan 30 siswa kelas eksperimen B. Instrumen tes yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, masing-masing terdiri dari 5 soal yang berbentuk uraian soal. Dalam penelitian ini hasil uji Fhitung untuk hipotesis pertama diperoleh harga Fhitung = 15.4021 dan Ftabel = 4.007 berarti Fhitung > Ftabel maka H1 diterima. Hipotesis kedua diperoleh harga Fhitung = 6.6394 dan Ftabel = 4.007 berarti Fhitung> Ftabel maka H1 diterima. Pada hipotesis ketiga diperoleh harga Fhitung = 20.5736 dan Ftabel = 3.923berarti Fhitung > Ftabel maka H1 diterima. Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Ada perbedaan secara signifikan antara tingkat kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan strategi active learning tipe Active Knowledge Sharing (AKS) dan siswa yang diajar dengan strategi active learning tipe Team Quiz (TQ) pada materi matriks di kelas XI SMA Swasta PABA Binjai, 2) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan strategi active learning tipe Active Knowledge Sharing (AKS) lebih baik daripada siswa yang diajar dengan strategi active learning tipe Team Quiz (TQ) pada materi matriks di kelas XI SMA Swasta PABA Binjai, 3) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan strategi active learning tipe Active Knowledge Sharing (AKS) lebih baik daripada siswa yang diajar dengan strategi active learning tipe Team Quiz (TQ) pada materi matriks di kelas XI SMA Swasta PABA Binjai.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Strategi Active Learning Tipe Active Knowledge Sharing, Team Quiz |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Habiba Nur Maulida |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 04:51 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 04:51 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20417 |
Actions (login required)
View Item |