Koordinasi antara Yayasan dengan Pengelola Rumah Tahfizh dalam Pengembangan Kurikulum Tahfizh di Rumah Tahfizh Miftahul Jannah Medan

Hadi, Ravika (2022) Koordinasi antara Yayasan dengan Pengelola Rumah Tahfizh dalam Pengembangan Kurikulum Tahfizh di Rumah Tahfizh Miftahul Jannah Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_DLL_RAVIKA_HADI.pdf

Download (637kB)
[img] Text
BAB_I_RAVIKA_HADI.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB_II_RAVIKA_HADI.pdf

Download (640kB)
[img] Text
BAB_III_RAVIKA_HADI.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB_IV_RAVIKA_HADI.pdf

Download (709kB)
[img] Text
BAB_V_RAVIKA_HADI.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_LAMPIRAN_RAVIKA_HADI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui koordinasi antara yayasan dengan pengelola Rumah Tahfizh dalam membuat kurikulum tahfizh di Rumah Tahfizh Miftahul Jannah Medan, Untuk mengetahui koordinasi antara LPM dengan Pengelola Rumah Tahfizh dalam membuat kurikulum tahfizh di Rumah Tahfizh Miftahul Jannah Medan dan untuk mengetahui fungsi Pengelola Rumah Tahfizh dalam pembuatan kurikulum tahfizh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan menggunakan tiga teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa deskripsi tentang fenomena tersebut. Subjek penelitian ini yaitu Pengelola Rumah Tahfizh, Lembaga Penjamin Mutu dan Yayasan. Analisis data ini dari Miles and Hubermen meliputi: Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi. Teknik Penjamin Keabsahan Data memiliki empat kriteria yaitu: Kredibilitas, Keteralihan, ketergantungan dan Kepastian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Koordinasi antara yayasan dengan pengelola Rumah Tahfizh dalam membuat kurikulum tahfizh di Rumah Tahfizh Miftahul Jannah Medan dengan mengadakan rapat koordinasi bersama pimpinan unit dan membentuk Lembaga Penjamin Mutu serta mengamanahkan kepada LPM untuk membuat kurikulum Tahfizh yang akan di laksanakan di Rumah Tahfizh, LPM sendiri berkoordinasi dengan Pengelola Rumah Tahfizh Guru dan mengadakan rapat khusus antara LPM dan Unit Rumah Tahfizh untuk membahas Kurikulum Tahfizh yang telah di buat dan LPM juga meminta masukkan kepada Pengelola Rumah Tahfizh serta Para Guru mengenai Kurikulum tahfizh. Dan Fungsi Pengelola Rumah Tahfizh sebagai penanggung jawab Rumah Tahfizh memiliki tugas (1) Membuat perencanaan program kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan. (2) Membagi tugas sesuai dengan kemampuan bawahannya untuk dapat melaksanakan program kerja dengan baik. (3) mengarahkan bawahan agar melaksanakan program dengan semestinya dan terakhir (4) mengawasi kegiatan dalam mencapai tujuan program. Yayasan berkoordinasi dengan Lembaga Penjamin Mutu dalam Hal penyusunan Kurikulum Tahfizh dan Yayasan Menyerahkan Proses Kegiatan Pembelajaran Kepada Pengelola Rumah Tahfizh dalam kegiatan setahun pembelajaran. Lembaga Penjamin Mutu dalam hal Penyusunan Kurikulum Tahfizh bekejasam dengan Pengelola Rumah Tahfizh serta para Guru sehingga Terciptalah Metode Arba’in yang akan dipakai dalam pembelajran Tahfizh setahun kedepan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Koordinasi, Kurikulum, Tahfizh Al-quran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:36
Last Modified: 11 Sep 2023 03:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20364

Actions (login required)

View Item View Item