Kesulitan Belajar Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Mendabe Kecamatan Babussalam Kabupaten Aceh Tenggara

Indah, Miranda (2021) Kesulitan Belajar Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Mendabe Kecamatan Babussalam Kabupaten Aceh Tenggara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_MIRANDA_FIX.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB_I_MIRANDA.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB_II_MIRANDA_WATERMARK.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB_III_MIRANDA.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB_IV_MIRANDA.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB_V_MIRANDA.pdf

Download (105kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_MIRANDA_2.pdf

Download (320kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar membaca dan menulis anak usia dini pada masa pandemi covid-19, penyebab terjadinya anak mengalami kesulitan belajar membaca dan menulis anak usia dini pada masa pandemi covid-19, dan upaya dalam mengatasi kesulitan belajar membaca dan menulis anak usia dini pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian deskriptif dimaksudkan untuk menggambarkan suatu masalah "apa adanya" mengenai suatu variabel, gejala atau keadaan secara sistematis dan akurat. Subjek penelitian ini adalah anak usia dini di desa Mendabe berjumlah 10 orang dengan rentang usia 5-6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan belajar membaca pada anak adalah belum mampu menyebutkan simbol-simbol huruf, belum mampu menyebutkan huruf awal dari nama benda. Kesulitan belajar menulis pada anak adalah belum mampu memegang pensil dengan benar dan membuat coretan yang sudah berbentuk huruf dan kata, belum mampu menulis huruf-huruf dari namanya sendiri. Penyebab terjadinya anak kurang berkonsentrasi terhadap pelajaran-pelajaran yang dihadapinya, anak kurang belajar di rumah lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain, orang tua yang jarang mengajari dan mendampingi anak belajar di rumah. Upaya dalam mengatasi yaitu, dengan orang tua yang sering mengajak dan mendampingi anak belajar di rumah serta memberikan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Penyebab, Cara Mengatasinya
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 07 Sep 2023 03:48
Last Modified: 07 Sep 2023 03:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20344

Actions (login required)

View Item View Item