Pengaruh Layanan Orientasi terhadap Partisipasi Siswa dalam Memanfaatkan Layanan BK di MTs Qur’an Kisaran

Utami, Rizky (2021) Pengaruh Layanan Orientasi terhadap Partisipasi Siswa dalam Memanfaatkan Layanan BK di MTs Qur’an Kisaran. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER.pdf

Download (697kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MTs Qur’an Kisaran. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui : 1) layanan orientasi yang dilakukan guru BK terhadap siswa, 2) partisipasi siswa dalam memanfaatkan layanan BK, 3) pengaruh layanan orientasi terhadap partisispasi siswa dalam memanfaatkan layanan BK di MTs Qur’an Kisaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Qur’an Kisaran. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket yang terdiri dari 35 item tentang pengaruh layanan orientasi terhadap partisipasi siswa, dengan keseluruhan angket yang sudah dikoreksi oleh dosen yang paham dengan instrumen penelitian (angket) dan angket sebanyak 35 item ini sudah di uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan dari uji Anova dengan F hitung 30,204 dan tingkat signifikansi Probabilitas 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel partisipasi siswa dari uji R square ditemukan nilai R square sebesar 0,531 (53,1%) menunjukan bahwa variabel independen (layanan orientasi) memiliki pengaruh terhadap variabel dependen (partisipasi siswa) sebesar 53,1%. Sedangkan 46,9% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Dan interpretasi nilai r membuktikan pengaruh layanan orientasi terhadap partisipasi siswa berada dalam kategori sedang dengan interval koefisien yaitu 0,40 – 0,599. Hasil uji t ditemukan bahwa thitung > ttabel (5,496 > 1,688) maka Ho ditolak secara statistik adalah signifikan, dari hasil uji t nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara layanan orientasi terhadap partisipasi siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:11
Last Modified: 28 Aug 2023 03:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20283

Actions (login required)

View Item View Item