Pengaruh Rasa Percaya Diri terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pesantren Modren Fajrul Iman Patumbak

Siregar, Nella Mah Ayuro (2021) Pengaruh Rasa Percaya Diri terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pesantren Modren Fajrul Iman Patumbak. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
1__COVER_compressed.pdf

Download (366kB)
[img] Text
2__BAB_I-1_compressed.pdf

Download (119kB)
[img] Text
3__BAB_II-1_compressed_(1).pdf

Download (240kB)
[img] Text
4__BAB_III-1_compressed.pdf

Download (143kB)
[img] Text
5__BAB_IV-1_compressed.pdf

Download (186kB)
[img] Text
6__BAB_V-1_compressed.pdf

Download (65kB)
[img] Text
7__DAFTAR_PUSTAKA-1_compressed.pdf

Download (404kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui bagaimana tingkat percaya diri siswa kelas XI di Pesantren Modren Fajrul Iman, (2) Untuk mengetahui bagaimana tingkat prestasi belajar siswa kelas XI pesantren modren Fajrul Iman, (3) untuk mengetahui pengaruh rasa percaya diri terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pesantren modren fajrul Iman. Jenis penelitian ini dengan menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode survey Besarnya Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI pesantren modren Fajrul Iman yaitu sebanyak 30 orang siswa. Untuk penetapan sampelnya menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket dengan menggunakan skala interval, dokumentasi digunakan sebagai data pelengkap. Untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reabilitas. Dari hasil pengolahan data untuk variabel percaya diri butir angket berjumlah 35. Setelah dilakukan uji validitas maka terdapat 21 item yang valid dan 14 yang gugur. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan regresi linier sedehana. Hasil penelitian regresi sederhan menunjukan bahwa ada pengaruh yang positif atau siginifikan antara rasa percaya diri terhadap prestasi belajar siswa yang ditunjukan dengan nilai signifikan (f) sebesar 0,024 dimana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05.berarti bahwa variabel bebas percaya diri (X) mampu menerangkan variabel terikat prestasi belajar (Y) sebesar 8 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 28 Aug 2023 01:57
Last Modified: 28 Aug 2023 01:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20280

Actions (login required)

View Item View Item