Analisis Kompetensi Guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum 2013 Berbasis Sistem Kredit Semester di MAN 2 Model Medan

Lesnida, Lesnida (2022) Analisis Kompetensi Guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum 2013 Berbasis Sistem Kredit Semester di MAN 2 Model Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
1__COVER_LESNIDA.pdf

Download (570kB)
[img] Text
2__BAB_I_LESNIDA.pdf

Download (134kB)
[img] Text
3__BAB_II_LESNIDA.pdf

Download (398kB)
[img] Text
4__BAB_III_LESNIDA.pdf

Download (126kB)
[img] Text
5__BAB_IV_LESNIDA.pdf

Download (338kB)
[img] Text
6__BAB_V_LESNIDA.pdf

Download (58kB)
[img] Text
7__DAFTAR_PUSTAKA_LESNIDA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analisis tentang kompetensi guru SKI di MAN 2 Model Medan: (1) Mengenali karakteristik peserta didik. (2) Menguasai teori belajar dan prinsip pembelajaran kurikulum 2013 berbasis SKS. (3) Melaksanakan pembelajaran kurikulum 2013 berbasis SKS. (4) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. (5) Melaksanakan evaluasi proses dan hasil belajar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif pendekatan analisis naturalistik dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisa data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data melalui empat tahap yaitu, credibility (kepercayaan), transferability (keteralihan), dependability (kebergantungan), dan confirmability (kepastian). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kompetensi guru SKI dalam menganalisis karakteristik peserta didik dinilai cukup baik. Dengan indikator memahami aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual peserta didik. (2) Kompetensi Guru SKI dalam menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran kategori cukup baik, dengan indikator teori belajar pendalaman terhadap teori belajar konstruktivisme, behavoirisme, dan kognitivisme. Sedangkan prinsip pembelajaran menggunakan pendekatan PAIKEM. (3) Kompetensi Guru SKI menyelenggarakan pembelajaran kurikulum 2013 berbasis SKS kategori cukup baik, yaitu pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan 5 M yaitu Mengkait, Menanyakan, Mengamati, Membuat jejaring, dan Melakukan uji coba. (4) Kompetensi guru SKI dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi kategori baik, dengan melibatkan berupa TV, Film, VCD/DVD/VCR dan internet. (5) Kompetensi guru SKI dalam menggunakan evaluasi proses dan hasil belajar kategori cukup baik, dengan indikator melakukan penilaian memperhatikan prinsip kontinuitas dan autentik mencakup pengetahuan, sikap dan keterapilan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 28 Aug 2023 01:34
Last Modified: 28 Aug 2023 01:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20279

Actions (login required)

View Item View Item