Pelaksanaan Layanan Konseling Individu dalam Pengentasan Masalah Kenakalan Siswa di Kelas VIII MTs. Aisyiyah Sumatera Utara Pasar 9 Bandar Khalifah Percut Sei Tuan

Sari, Desi Permata (2021) Pelaksanaan Layanan Konseling Individu dalam Pengentasan Masalah Kenakalan Siswa di Kelas VIII MTs. Aisyiyah Sumatera Utara Pasar 9 Bandar Khalifah Percut Sei Tuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover_(Desi)_.pdf

Download (577kB)
[img] Text
BAB_I_(Desi)_.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB_II_(Desi)_.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB_III_(Desi)_.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB_IV_(Desi)_.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB_V_(_Desi)_.pdf

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_(Desi)_.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui pelaksanaan konseling individu yang dilakukan guru bk dalam pengetasan kenakalan siswa, untuk mengetahui bentuk-bentuk kenakalan siswa, serta untuk mendeskripsikan dan mengetahui faktor apa yang mempengaruhi atau menyebabkan para siswa melakukan kenakalan tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif secara deskriptif sebab peneliti ingin mendeskripsikan dan mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan konseling individu yang dilakukan guru bk dalam pengentasan kenakalan siswa di MTs. Aisyiyah Sumatera Utara dan juga menggunakan pendekatan deskriptif ini karena data yang dikumpulkan semuanya berbentuk data uraian kata-kata, gambar, dan sejenisnya, bukan berbentuk angka. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, kemudian pengujian keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil bahwa 1) pelaksanaan konseling individu sudah berjalan dengan baik dan dapat mengentaskan ataupun mengatasi kenalan siswa MTs. Aisyiyah Sumatera Utara. Dan tahap-tahap pelaksanaannya memanggil siswa, tahap pertama mengidentifikasi masalah, tahap kerja/mengolah masalah dan tahap terakhir penyelesaiann atau tindakan. 2) Bentuk kenakalan siswa di lingkungan sekolah MTs. Aisyiyah Sumatera Utara dapat dikatagorikan tergolong ringan/biasa. Seperti mengejek teman sebaya, keluar masuk kelas ketika mata pelajaran sedang berlangsung, cabut/bolos disaat mata pelajaran sedang berlangsung, menyontek, bertengkar dengan teman sebaya, ribut di dalam kelas, tidak mengerjakan tugas. 3) faktor yang mempengaruhi kenakalan yaitu faktor dari dalam diri anak itu sendiri berupa kurangnya kemampuan penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolahnya dan faktor cara guru mendidik atau mengajar siswanya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.7 Kesejahteraan siswa/peserta didik
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Aug 2023 08:09
Last Modified: 16 Aug 2023 08:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20249

Actions (login required)

View Item View Item