Peran Ayah dalam Menanamkan Nilai-Nilai Agama Anak Usia Dini pada Buruh Pabrik PT. Sinar Sosro di Desa Tanjung Morawa Kecamatan Tanjung Morawa T.A 2020/2021

Dalimunte, Khairunnisa Br (2021) Peran Ayah dalam Menanamkan Nilai-Nilai Agama Anak Usia Dini pada Buruh Pabrik PT. Sinar Sosro di Desa Tanjung Morawa Kecamatan Tanjung Morawa T.A 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
1__COVER-min_(1).pdf

Download (432kB)
[img] Text
2__BAB_I-min_(1).pdf

Download (143kB)
[img] Text
3__BAB_II-min_(1).pdf

Download (156kB)
[img] Text
4__BAB_III-min_(1).pdf

Download (103kB)
[img] Text
5__BAB_IV-min_(1).pdf

Download (176kB)
[img] Text
6__BAB_V-min_(1).pdf

Download (66kB)
[img] Text
7__DAFTAR_PUSTAKA-min_(1).pdf

Download (620kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Ayah Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Agama Anak Usia Dini Pada Buruh Pabrik Pt.Sinar Sosro Di Desa Tanjung MorawaKecamatan Tanjung Morawa Fokus Penelitian ini mengungkapkan:(1) peran ayah yang buruh pabrik dalam menanamkan nilai nilai agama pada anak usia dini ditanjung morawa. (2) peran ayah yang buruh pabrik dalam menghadapi kesulitan dalam menanamkan nilai nilai agama pada anak usia dini ditanjung morawa (3) upaya ayah yang buruh pabrik dalam mengembangkan nilai nilai agama pada anak usia dini ditanjung morawa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif naturalistik. Proses pengumpulan data peneliti melalui pengamatan berperan serta (Observasi),wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisiskualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikkan kesimpulan. Pemeriksaan atau pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan empat criteria sebagai acuan standar validitas yang meliputi: (a) Kredibilitas (credibility), (b) keteralihan (transferability), (c) Ketergantungan (dependability), dan (d) kepastian (credibility). Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga temuan, yaitu 1)Ayah menanaman Nilai-nilai agama oleh seorang Anakusia dini melalui beberapa cara yang diajarkan di rumah yaitu, (a) Sholat, (b)Mengaji, (c) Membaca Alquran, (d) Hafalan surah pendek, hadist dan doa sehari-hari, (e) Kisah Nabi dan Rasul.(2) Cara seorang ayah menghadapi kesulitan dalam Menanamkan nilai Agama pada anak di Rumah yaitu, (a) Memberikan Nasehat. (b). Memberikan Teladan/ contoh Yang baik.(c)Memberikan Pengawasan. (d)Memberikan Hukuman, (e) Memberikan hadiah dalam menanamkan nilai-nilai agama pada anak usia dini.(3) Sedangkan dalam mengembangkan nilai nilai agama anak usia dini pada saat dirumah dengan enam aspek seperti, Nilai agama dan moral, fisikmotorik, kognitif, bahasa, social emosional, dan seni dengan keterampilan ayah memakai metode dan perencanaan yang digemari anak sehingga akan mengembangkan potensi anak.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X0 ISLAM (UMUM)
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Aug 2023 04:19
Last Modified: 16 Aug 2023 04:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20243

Actions (login required)

View Item View Item