Aplikasi Klasifikasi Ulasan Pelanggan pada Cafe Ti Amo dengan Metode Naive Bayes Menggunakan Framework Django

Priastiwi, Lia (2022) Aplikasi Klasifikasi Ulasan Pelanggan pada Cafe Ti Amo dengan Metode Naive Bayes Menggunakan Framework Django. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover_Lia_Priastiwi.pdf

Download (358kB)
[img] Text
Bab_I_Lia_Priastiwi.pdf

Download (448kB)
[img] Text
Bab_II_Lia_Priastiwi.pdf

Download (497kB)
[img] Text
Bab_III_Lia_Priastiwi.pdf

Download (417kB)
[img] Text
Bab_IV_Lia_Priastiwi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab_V_Lia_Priastiwi.pdf

Download (105kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka_Lia_Priastiwi.pdf

Download (531kB)

Abstract

Pada era teknologi sekarang ini manusia semakin dimudahkan pekerjaannya dengan teknologi namun tidak hanya dalam hal mempermudah pekerjaan formal saja namun teknologi juga dapat dijadikan alat tolak ukur untuk melihat kekurangan dan membangun strategi pada bidang kuliner khususnya café. Di tengah banyaknya saingan pada bidang kuliner pemilik café cenderung sulit mengetahui apa saja yang menjadi kekurangan cafenya jika hanya membuat kesimpulan sendiri juga akan sangat sulit untuk mengetahui strategi apa yang paling baik untuk mengembangkan café. Mengacu pada hal tersebut, ternyata teknologi bisa dimanfaatkan untuk keperluan tersebut yaitu dengan cara melihat ulasan pelanggan dan melakukan perbaikan-perbaikan untuk mengembangkan bisnis. Namun jika hanya menggunakan cara manual dengan membaca satu per satu ulasan pelanggan café maka akan sangat memakan banyak waktu. Untuk solusi pada permasalahan tersebut maka kita bisa automatisasi menggunakan Machine Learning untuk membuat pemilik café dapat langsung mengklasifikasikan ulasan tersebut dengan 3 aspek yaitu pelayanan, rasa, dan kualitas juga pemilik café dapat melihat sentiment pada ulasan tersebut, apakah ulasan tersebut positif ataukah negatif. Dengan cara ini pemilik café tidak perlu repot membaca satu persatu ulasan dan bisa langsung membuat kesimpulan berdasarkan aspek dan sentiment yang dinilai oleh pelanggan. Pada pembuatan aplikasi ini peneliti menggunakan Naïve Bayes sebagai metode penelitian, Django sebagai framework website karena aplikasinya berbasis website dan peneliti melakukan obserbasi di Cafe Ti Amo Medan, Sumatera Utara dengan target 2000 data ulasan pelanggan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 000 Generalities > 005 Computer programming, programs, data
000 Generalities > 006 Special computer methods
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Aug 2023 02:01
Last Modified: 15 Aug 2023 02:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20235

Actions (login required)

View Item View Item