Pengaruh pembelajaran koperatif tipe One Stay Three Stray untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V MIN 9 Medan

Batubara, Taupiq Hidayat (2022) Pengaruh pembelajaran koperatif tipe One Stay Three Stray untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V MIN 9 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
judul_(4).pdf

Download (506kB)
[img] Text
BAB_I-1.pdf

Download (678kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (684kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB_V-1.pdf

Download (60kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAK1.pdf

Download (123kB)

Abstract

Penelitian ini membahas Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe One Stay Three Stray terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 9 Medan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa dikelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional pada mata pelajaran bahasa indonesia dikelas V MIN 9 Medan, (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa dikelas experimen dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe One Stay Three Stray pada mata pelajaran bahasa indonesia dikelas V MIN 9 Medan,(3) untuk mengetahuipengaruhyang signifikan dengan penggunaan pembelajaran kooperatif tipe One Stay Three Stray pada mata pelajaran bahasa indonesia dikelas V MIN 9 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen bentukek sperimen semu (Quasi Ekperimental Design), desain penelitian yang digunakan adalah pre testpost test control dengan pengambilan sampel random sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V di MIN 9 Medan yang berjumlah56 siswa. Sampelpenelitianiniyaitukelas V (Eksperimen) denganjumlah 28 siswa dan kelas V (Kontrol) dengan jumlah 28 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar yang berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung sebesar sebesar 2,336 pada taraf kesalahan 0,05 (5%) dengan nilai dk= 56 diperoleh nilai ttabel sebesar 1,672. Dari analisis data nilai thitung lebih besar dari pada ttabel yaitu(2,336>1,672). Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, berarti dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe One Stay Three Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V di MIN 9 Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Kooperatif ,One Stay Three Stray,Hasil Belajar, Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 04 Aug 2023 02:34
Last Modified: 04 Aug 2023 02:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20154

Actions (login required)

View Item View Item