Analisis fungsi perangkat desa dalam meningkatkan akuntabilitas pengelolaan anggaran dana desa tahun anggaran 2022 (Studi kasus pada Desa Hayu Raja kecamatan Panyabungan Selatan kabupaten Mandailing Natal)

Nondangari, Fadhlah (2023) Analisis fungsi perangkat desa dalam meningkatkan akuntabilitas pengelolaan anggaran dana desa tahun anggaran 2022 (Studi kasus pada Desa Hayu Raja kecamatan Panyabungan Selatan kabupaten Mandailing Natal). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_SKRIPSI_FADHILAH_NONDANGARI.pdf

Download (758kB)
[img] Text
BAB_1_SKRIPSI_FADHILAH_NONDANGARI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB_II_SKRIPSI_FADHILAH_NONDANGARI.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB_III_SKRIPSI_FADHILAH_NONDANGARI.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB_IV_SKRIPSI_FADHILAH_NONDANGARI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V_SKRIPSI_FADHILAH_NONDANGARI.pdf

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_LAMPIRAN_SKRIPSI_FADHILAH_NONDANGARI.pdf

Download (908kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perangkat Desa sudah berfungsi dalam Meningkatkan Akuntabilitas pada Pengelolaan Anggaran Dana Desa Tahun Anggaran 2022 Pada Desa Hayu Raja Kecamatan Panyabungan Selatan Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 5 orang yang merupakan perangkat desa yaitu Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kaur Keuangan Desa, Kaur Tatausaha Desa dan seorang masyarakat desa. Objek Penelitian ini adalah Desa Hayu Raja Kecamatan Panyabungan Selatan Kabupaten Mandailing Natal. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Perangkat Desa Hayu Raja sudah menjalankan fungsi dengan baik dalam mengelola anggaran dana desa, tetapi masih ada perangkat desa seperti Kaur Pemerintahan, Kaur Kesejahteraan dan Kaur Pelayanan yang belum tahu dan paham akan fungsinya sebagai perangkat desa di Desa Hayu Raja. Pembuatan dan penyusunan serta pertanggung jawaban Laporan Realisasi APBDES Desa Hayu Raja dibuat oleh Kaur Keuangan Desa yang dibantu oleh Sekretaris Desa dan keduanya bekerja sama dalam menyusunnya, akan tetapi Kaur Keuangan dan Sekretaris Desa belum memahami sepenuhnya cara menggunakan aplikasi tersebut, maka pada akhirnya mereka dibantu oleh pendamping desa untuk membuat nya ke aplikasi SISKEUDES. Fungsi perangkat desa dalam akuntabilitas pengelolaan anggaran dana desa tahun 2022 di Desa Hayu Raja Kecamatan Panyabungan Selatan Kabupaten Mandailing Natal masih dalam kategori kurang baik karena dari perhitungan wawancara oleh responden diperoleh hasil persentase dibawah 25%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fungsi Perangkat Desa, Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa
Subjects: 300 Social sciences > 350 Public administration > 352 Of local governments
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 02 Aug 2023 04:12
Last Modified: 02 Aug 2023 04:12
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20141

Actions (login required)

View Item View Item