Hubungan antara pola komunikasi orang tua dengan pembentukan konsep diri pada anak SMP Negeri 1 Barumun Kabupaten Padang lawas.

Daulay, Syinta Delila (2022) Hubungan antara pola komunikasi orang tua dengan pembentukan konsep diri pada anak SMP Negeri 1 Barumun Kabupaten Padang lawas. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover_Syinta_Delila_.pdf

Download (363kB)
[img] Text
bab_1_Syinta_Delila.pdf

Download (183kB)
[img] Text
bab_2_Syinta_Delila.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB_3_Syinta_Delila.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB_4_Syinta_Delila.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB_5_Syinta_Delila.pdf

Download (105kB)
[img] Text
dapus_Syinta_Delila.pdf

Download (637kB)

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan pola komunikasi orang tua terhadap pembentukan konsep diri pada anak. Pola komunikasi orang tua merupakan bentuk perlakuan orang tua dalam rangka memenuhi kebutuhan, perlindungan, rasa aman, bimbingan pendidikan serta arahan kepada anak dalam setiap tahap perkembangannya. Bentuk pola komunikasi orang tua memegang peranan penting dalam setiap perkembangan anak termasuk dalam tigkah laku yang ditampilkan oleh anak, mengarah pada konsep diri positif atau pada konsep diri negatif. Pola komunikasi yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada pola komunikasi yang diterapkan oleh Diana, Weiten dan Lioyd dengan tiga pola komunikasi yaitu :Authoritarian, permissive, dan authoritative. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola komunikasi orang tua dengan pembentukan konsep diri pada anak SMP Negeri 1 Barumun. Penelitan ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi adalah seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 92 siswa. Sampel berjumlah 20 siswa. Pengambilan sampel menggunakan metode random sampel. Pengumpulan data meggunakan metode angket yang bersifat tertutup dengan sekala 1-4. Dengan menggunakan regresi linier sederhana. Dibantu program IBM SPSS versi 16.0. penelitian ini menguji ada tidak nya hubungan indikator dari variabel X (pola komunikasi orang tua) terhadap variabel Y ( konsep diri pada anak). Hasil pencarian melalui SPSS 16.0. bahwa t hitung > ttabel (21.644 > 1.734). karena t hitung > t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara pola komunikasi orangtua dengan konsep diri anak. Dan dari hasil uji t pula diketahui nilai signifikansi 0.000 < 0.05 yang berarti terdapat hubungan yang erat antara pola komunikasi orangtua dengan konsep diri anak.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi Orang Tua, Pembentukan Konsep Diri Pada Anak
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social intercd /ction
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 01 Aug 2023 02:44
Last Modified: 01 Aug 2023 02:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20129

Actions (login required)

View Item View Item