Analisis Faktor-Faktor Determinan Keengganan Muzakki Membayar Zakat Ke Badan Amil Zakat (Studi Kasus Baznas Kabupaten Padang Lawas Utara)

Harahap, Juliana Sari (2022) Analisis Faktor-Faktor Determinan Keengganan Muzakki Membayar Zakat Ke Badan Amil Zakat (Studi Kasus Baznas Kabupaten Padang Lawas Utara). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_perpustakaan.pdf

Download (854kB)
[img] Text
BAB_I_perpustakaan.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB_II_perpustakaan.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB_III_perpustakaan.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB_IV_perpustakaan.pdf

Download (864kB)
[img] Text
BAB_V_perpustakaan.pdf

Download (81kB)
[img] Text
daftar_pustaka_perpustakaan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Umumnya masyarakat di Kabupaten Padang Lawas Utara mayoritas penduduknya adalah muslim yang berpenduduk kurang lebih 260.720 jiwa. Akan tetapi ditemukan suatu fakta bahwa masyakat Kabupaten Padang Lawas Utara kebanyakan bahkan mayoritas tidak membayar zakat ke Lembaga BAZNAS agar dikelola akan tetapi memberikan zakatnya langsung kepada mustahiq. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antara variabel lokasi, sosialisasi, kepercayaan, dan literasi terhadap keengganan muzakki membayar zakat ke Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Padang Lawas Utara. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda dan menggunakan bantuan program SPSS. Dari hasil uji adapun jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 100 responden. Adapun temuan dalam penelitian ini lokasi, sosialisasi, kepercayaan, dan literasi berpengaruh positif terhadap keengganan muzakki membayar zakat ke Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Padang Lawas Utara. Dan secara simultan lokasi, sosialisasi, kepercayaan, dan literasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keengganan muzakki membayar zakat ke Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Padang Lawas Utara. Dengan tingkat kepercayaan sebesar 95% atau tingkat kesalahannya sebesar 5%.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Lokasi, sosialisasi, kepercayaan, literasi, enggan dan BAZNAS
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat > 2X4.142 Zakat Mal/harta
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:10
Last Modified: 27 Jul 2023 07:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20082

Actions (login required)

View Item View Item