Metode Pemulihan Kasih Sayang Terhadap Lanjut Usia Putus Hubungan Keluarga di Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Binjai Sumatera Utara

Nadeak, Nurul Fiqri (2022) Metode Pemulihan Kasih Sayang Terhadap Lanjut Usia Putus Hubungan Keluarga di Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Binjai Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover NURUL.pdf

Download (877kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (638kB)
[img] Text
Dapus_NURUL.pdf

Download (293kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui metode pemulihan kasih sayang yang diterapkan kepada lanjut usia yang dikarenakan putusnya hubungan keluarga. Metode apa saja yang diterapkan oleh Unit Pelaksana Teknis yang ada di Binjai Sumatera Utara dan hambatan apa saja yang terjadi ketika melakukan penerapan pemulihan kasih sayang terhadap lanjut usia di UPT Pelayanan Sosial. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berdasarkan hasil riset lapangan. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Dimana untuk mencari tahu metode apa yang diterapkan untuk memulihkan kash sayang terhadap lansia putus hubungan keluarga. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa bentuk metode yang dilakukan pada para lansia adalah metode pendekatan psikoanalisis realitas, metode pendekatan psikoanalisis klasik dan metode pendekatan konseling logotheraphy dan penerapan metode pemulihan kasih sayang terhadap lansia adalah pengamatan tingkah laku klien dan teknik kontak psikologis. Sedangkan hambatan dalam pemulihan kasih sayang terhadap lansia adalah ketika pada saat melakukan asosiasi bebas, para lansia mengatakan hal- hal yang berbeda, adanya keterbatasan fisik yang dimiliki lansia, dan lemahnya daya tangkap dan daya ingat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lanjut Usia, Pemulihan Kasih Sayang, Panti Jompo
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 26 Jul 2023 08:29
Last Modified: 26 Jul 2023 08:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20069

Actions (login required)

View Item View Item