Program Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Perencanaan Masuk Keperguruan Tinggi Negeri Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Kualuh Leidong Tahun 2020-2021

BATUBARA, NILPA AMELIA (2021) Program Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Perencanaan Masuk Keperguruan Tinggi Negeri Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Kualuh Leidong Tahun 2020-2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
1__COVER-min_(3).pdf

Download (1MB)
[img] Text
2__BAB_I-min.pdf

Download (149kB)
[img] Text
3__BAB_II-min.pdf

Download (249kB)
[img] Text
4__BAB_III-min.pdf

Download (107kB)
[img] Text
5__BAB_IV-min.pdf

Download (175kB)
[img] Text
6__BAB_V-min.pdf

Download (65kB)
[img] Text
7__DAFTAR_PUSTAKA-min.pdf

Download (909kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program layanan guru bimbingan konseling di SMA Negeri 1 Kualuh Leidong bagi siswa kelas XII untuk masuk keperguruan tinggi, metode dalam pelaksanaan bimbingan konseling dan kendala apa saja yang dihadapi oleh guru bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan bimbingan konseling di SMA Negeri 1 Kualuh Leidong. Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian lapangan berupa penelitian kualitatif yang bersifat Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, 1 orang guru BK, dan 10 orang siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kualuh Leidong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, program bimbingan dan konseling yang diberikan oleh guru BK ada tiga: (1) informasi perguruan tinggi, (2) tes bakat dan minat, dan (3) program memilih karier sesuai dengan bakat dan minat. Kedua, metode yang digunakan oleh guru BK ada tiga, (1) pelaksanaan diskusi konseling kelompok dan konseling individual, (2) memberi layanan di ruang kelas siswa dipadukan dengan layanan informasi, dan (3) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler untuk siswa-siswi SMA Negeri 1 Kualuh Leidong. Ketiga, kendala-kendala dalam pelaksanaan bimbingan konseling, (1) adanya masa pandemi covid-19 sehingga layananan bimbingan konseling terhambat, (2) tidak tersedianya jam khusus untuk bimbingan dan konseling, dan (3) kurangnya guru bimbingan dan konseling di SMA Negeri 1 Kualuh Leidong.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Program Guru Bimbingan dan Konseling
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 26 Jul 2023 05:20
Last Modified: 26 Jul 2023 05:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/20059

Actions (login required)

View Item View Item