Nilai-nilai pendidikan pada kisah nabi Adam (Studi Analisis QS. Al-Baqarah Ayat 30-39)

Ningsih, Ratih Ayu (2023) Nilai-nilai pendidikan pada kisah nabi Adam (Studi Analisis QS. Al-Baqarah Ayat 30-39). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Cover.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (36kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (48kB)
[img] Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (494kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam kisah Nabi Adam (Studi Analisis QS. Al- Baqarah Ayat 30 – 39). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan model studi pustaka. Metode kualitatif adalah suatu penelitian dengan cara deskripsi menggunakan kata-kata dan bahasa pada suatu konteks khusus secara alamiah dengan menggunakan berbagai metode ilmiah dengan tujuan untuk memberi penjelasan melalui studi pustaka. Studi pustaka merupakan studi dokumen artinya sumber datanya berasal dari bahan-bahan yang tertulis dan pembahasannya terkait dengan nilai-nilai pendidikan. Jadi, penelitian ini menjadikan perpustakaan sebagai sumber untuk memperoleh data penelitian. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Nilai pendidikan yang terdapat di dalam kisan Nabi Adam as, adalah nilai yang berkaitan dengan perilaku, meliputi a) rendah hati, b) menjauhi sifat sombong, c) menjauhi sifat dengki, dan d) pemaaf. Adapun nilai yang berkaitan dengan tujuan pendidikan, meliputi: a) manusia sebagai ciptaan Allah, b) manusia sebagai makhluk jasmani dan rohani, dan c) manusia sebagai makhluk yang mulia. Kemudian nilai yang berkaitan dengan materi pendidikan, meliputi: a) nilai material, b) nilai sosial kemasyarakatan, c) nilai kecerdasan, d) nilai akhlak, dan e) nilai keagamaan. Sedangkan nilai yang berkaitan dengan metode pembeljaran, meliputi: a) metode kisah, b) metode tanya jawab, c) mengapresiasi pikiran dan perasaan, dan d) metode reward and punishment. Seluruh nilai pendidikan tersebut sangat relevan dengan pendidikan Islam kontemporer dan semua nilai tersebut masih sangat dibutuhkan oleh lembaga pendidikan Islam.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai, Pendidikan, Adam as.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:25
Last Modified: 01 Aug 2023 08:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19987

Actions (login required)

View Item View Item