Pesan Akhlak Hussein Basyaiban Pada Media Sosial Tik-Tok

Hasibuan, Pertiwi (2022) Pesan Akhlak Hussein Basyaiban Pada Media Sosial Tik-Tok. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER fix.pdf

Download (645kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (426kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (720kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (968kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isi pesan akhlak yang terdapat pada video di media sosial tik-tok Hussein Basyaiban pada bulan September-Oktober 2021. Untuk mengetahui apakah didalam video tersebut memiliki tema-tema pesan akhlak yang menjadi kategori tema pesan akhlak didalam agama Islam. Untuk mengetahui apa saja isi pesan akhlak yang disampaikan dalam video Hussein Basyaiban pada bulan September-Oktober 2021. Temuan hasil dari penelitian ini adalah terdapat tiga tema pesasn akhlak yang disampaikan yaitu, Akhlak kepada Allah, Akhlak kepada sesama manusia dan Akhlak kepada lingkungan selain itu terdapat pula beberapa isi pesan akhlak yang disampaikan Hussain Basyaiban dengan persentase tertinggi pembahasan pesan akhlak yaitu Ghibah sebesar 30%, Dzolim sebesar 25%, terakhir mencari kesalahan sesama dan menyebar fitnah 10%. Sedangkan isi pesan akhlak lainnya memilki persentase terendah yaitu 5% dari jumlah total 15 isi pesan akhlak yang tersedia dalam coding sheet. Untuk mencapai penelitian di atas maka dalam skripsi ini peneliti menggunakan metode penelitian Analisis isi pendekatan deskriptif Kuantitatif. Dalam menganalisis data, peneliti membuat lembar koding berisi kategorisasi pesan akhlak yang terkandung video Husssein Basyaiban yang kemudian dilakukan pengujian kategori pada dua orang juri atau coder yang dipandang kredibel. Data yang sudah terkumpul diperoleh dari peniaian dan hasil kesepakatan juri akan diamati, dihitung, dan diberi nilai untuk mengetahui tema dan isi pesan akhak yang disampaikan beserta frekuensi dan koefisien reabilitas tiap juri hingga hasil persentase isi pesan akhlak apa yang paling dominan dalam video tersebut.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pesan Akhlak, Media Sosial
Subjects: 2X5 AKHLAK DAN TASAWUF
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Jul 2023 08:43
Last Modified: 14 Jul 2023 08:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19976

Actions (login required)

View Item View Item