Pengaruh Intensitas Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Tilawah AlQur’an Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa SMP Muhammadiyah 24 Aek Kanopan

Akbar, Mulkan Wildani (2022) Pengaruh Intensitas Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Tilawah AlQur’an Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Siswa SMP Muhammadiyah 24 Aek Kanopan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER_MULKAN_terbaru_paling_baru.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I_MULKAN_PDF.pdf

Download (510kB)
[img] Text
BAB_II_MULKAN_PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (696kB)
[img] Text
BAB_III_MULKAN_PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)
[img] Text
BAB_IV_MULKAN_PDF_terbaru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V_MULKAN_PDF.pdf

Download (393kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_DAN_LAMPIRAN_MULKAN_PDF_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mendeskripsikan penerapan ekstrakurikuler tilawah Al-Qur’an pada siswa SMP Muhammadiyah 24 Aek Kanopan. Untuk mendeskripsikan hasil belajar PAI SMP Muhammadiyah 24 Aek Kanopan PAI. Untuk menganalisis Pengaruh Intensitas Mengikuti aktivitas Ekstrakurikuler Tilawah Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa SMP Muhammadiyah 24 Aek Kanopan. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan untuk memperoleh data adalah dengan cara penelitian lapangan (field research) sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Dengan populasi penelitian keseluruhan siswa SMP Muhammadiyah 24 Aek Kanopan 2022/2023 terdiri dari 120 siswa. Analisis yang digunakan dengan rumus rekresi linear 1 prediktor. Istilah linear digunakan untuk mendeskripsikan hubungan antara suatu variabel dengan suatu konstan yang dapat di eskspresikan dalam bentuk grafik atau matematis. Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai Fhitung=13,067 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,001<0,05, maka model rekresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel. Artinya variabel kegiatan ekstrakurikuler tilawah Al-Qur’an (X) berpengaruh terhadap variabel hasil belajar siswa pendidikan agama islam dan budi pekerti (Y). Dengan besaran nilai korelasi/ hubungan (R) sebesar 0,451. Dari output diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,318 yang mengandung pengertian bahwa variabel bebas (Kegiatan ekstrakurikuler tilawah Al-Qur’an) terhadap variabel terikat (Hasil belajar siswa) adalah 31,8% P

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler, Tilawah Al-Qur’an, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:32
Last Modified: 14 Jul 2023 02:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19953

Actions (login required)

View Item View Item