Pengaruh Pendekatan Saintifik Terintegrasi Al- Qur’an Pada Materi Ekosistem Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN 2 Tapanuli Tengah

Tanjung, Iskandar Zulkarnain (2022) Pengaruh Pendekatan Saintifik Terintegrasi Al- Qur’an Pada Materi Ekosistem Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN 2 Tapanuli Tengah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I(1).pdf

Download (545kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (329kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh pendekatan saintifik terintegrasi Al-qur’an pada materi ekosistem terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 2 Tapanuli Tengah. Tujuan penelitian ini merupakan guna mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terintegrasi Al-qur’an pada materi ekosistem terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 2 Tapanuli Tengah. Metode penelitian yang dipakai merupakan kuantitatif quasi eksperimen, menggunakan desain penelitian nonequivalent control class design. Adapun teknik pengumpulan data yang dipakai merrupakan rumus t-test. Hasil penelitian ini merupakan thitung > ttabel (3,531 >2,024) yang berarti hipotesis kerja (Ha) pada penelitian ini diterima, sehingga pendekatan saintifik terintegrasi Al-Qur’an berpengaruh terhadap hasil belajar kelas X MAN 2 Tapanuli Tengah pada materi ekosistem. Sedangkan hipotesis (Ho) di tolak. Pada perbandingan hasil hasil post-test kelas eksperimen rata-rata 81, sedangkan kelas kontrol rata-rata 70. Melihat hasil rata-rata kedua kelas tersebut dapat diketahui bahwa rata-rata hasil post-test hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan pendekatan saintifik lebih tinggi dari rata-rata hasil post-test kelas kontrol.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:22
Last Modified: 13 Jul 2023 03:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19936

Actions (login required)

View Item View Item