Analisis Strategi Pengembangan Museum Sebagai Aset Pariwisata Sejarah Di Kota Medan Dengan Metode SOAR (Studi Kasus Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara)

Dayantri, Dayantri (2022) Analisis Strategi Pengembangan Museum Sebagai Aset Pariwisata Sejarah Di Kota Medan Dengan Metode SOAR (Studi Kasus Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.Dayantri.pdf

Download (753kB)
[img] Text
BAB I. Dayantri.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB II. Dayantri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (766kB)
[img] Text
BAB III. Dayantri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)
[img] Text
BAB IV. Dayantri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[img] Text
BAB V. Dayantri.pdf

Download (215kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (822kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan yang dilakukan oleh Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara sebagai salah satu pariwisata sejarah dalam rangka meningkatkan nilai PAD (Pendapatan Asli Daerah) dengan cara meningkatkan jumlah pengunjung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan metode SOAR (Strengts, Opportunities, Aspirations, Results). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Penerapan analisis SOAR pada Museum Negeri Sumatera Utara menggunakan analisis faktor internal dan eksternal strategi. (2) Hasil perhitungan pada perbandingan antara kekuatan dan kelemahan pada table IFAS dan EFAS, perhitungan IFAS menunjukkan bahwa Strenght (S) lebih besar dari Opportunity (O). Sementara perhitungan EFAS menunjukkan Results (R) lebih besar dari Aspirations (A). (3) Hasil dari matriks IE (Internal- Eksternal) Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara terletak pada sel nomor 1 yaitu konsentrasi melalui integrasi vertikal yang menandakan museum berada pada keadaan yang kuat. Serta hasil dari SOAR yang didapatkan berada pada kuadran II yaitu posisi yang menandakan sebuah organisasi yang kuat, namun menghadapi tantangan yang besar. (4) Dari analisa yang sudah dilakukan, Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara direkomendasikan untuk menjalankan strategi diversifikasi yaitu dengan mengoptimalkan Kekuatan (Strenghts) untuk mencapai Hasil (Results) yang terukur.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan,Museum, Analisis SOAR
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:10
Last Modified: 13 Jul 2023 03:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/19934

Actions (login required)

View Item View Item